Berwisata ke Poso bisa menjadi sangat menarik. Berbagai objek wisata menarik berkumpul di tempat ini. Tak jauh dari Danau Poso ternyata ada objek wisata yang tak kalah mengagumkan. Gua Pamona, sebuah tempat unik dan dipercayai masyarakat sekitar mengandung unsur mistis. Penasaran? Yuk, kita sambangi.

Gua Pamona ini terletak persis di sebelah Danau Poso. Gua ini sudah terkenal keindahannya sehingga telah menjadi salah satu tujuan wisata mistis. Uniknya, air danau tidak dapat masuk ke dalam gua meski letak sebagian gua tersebut berada di bawah Danau Poso. Pengunjung pun bisa memasukinya dengan leluasa.

Menurut cerita masyarakat setempat, selama ratusan tahun silam gua tersebut berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan jenazah raja atau kaum bangsawan Suku Pamona dan keluarganya. Hal itu dapat dibuktikan dengan adanya kerangka manusia dan keranda yang masih ada didalamnya.

Gua sepanjang sekitar 200 meter tersebut memiliki kedalaman 80 meter. Dulunya, panjang gua lebih dari 200 meter. Namun karena perubahan kondisi alam adanya reruntuhan, akhirnya panjangnya hanya sebatas itu. Mulut Gua Pamona lebarnya 2 meter, namun pada sebagian jalan di gua tingginya kurang dari satu meter, sehingga memaksa pengunjung untuk berjalan sambil berjongkok.

Letak gua yang dalam menyebabkan oksigen didalamnya relative sedikit. Hal itu membuat pengunjung merasa gerah dan cepat lelah saat menjelajahinya. Pencahayaan pun sangat minim, hanya mengandalkan sinar matahari yang menembus celah-celah kecil bebatuan diatasnya. Suasana di dalam menjadi remang-remang dan menambah miris orang yang percaya pada cerita mistisĀ :)

Di dalam gua tersebut juga terdapat delapan kamar atau ruang yang sangat gelap dan lembab. Dulunya ruang tersebut berfungsi untuk menyimpan jenazah suku Pamona yang disesuaikan dengan status sosialnya. Barang-barang berharga milik jenazah semasa hidup pun ikut disemayamkan disitu. Sayangnya, banyak benda-benda bernilai sangat tinggi tersebut yang hilang akibat tangan usil pengunjung.

Gua yang namanya sama dengan suku asli orang Poso ini terletak di Desa Sangele, Kecamatan Pamona Utara, sekitar 58 km dari Kota Poso. Saat berwisata ke Danau Poso, sempatkan pula untuk berkunjung ke Gua Pamona yang unik ini.