China Express Airlines Akan Beli 16 Bombardier CRJ900 NextGen

114

Produsen pesawat asal Kanada, Bombardier, telah mengumumkan pada 2 Desember bahwa maskapai penerbangan regional China, China Express Airlines, telah melakukan firm order tiga pesawat Bombardier CRJ900 NextGen. Dalam kesepakatan tersebut, China Express Airlines juga memiliki kesepakatan pembelian yang kondisional untuk lima pesawat CRJ900 NextGen dan memiliki opsi untuk membeli pesawat serupa sebanyak delapan unit. Sehingga, jika seluruh kesepakatan telah diubah menjadi firm order, jumlah pesanan mencapai 16 pesawat.

China Express Airlines merupakan maskapai penerbangan yang bermarkas di Guiyang, memberikan layanan penerbangan regional dengan lima pesawat Bombardier CRJ200 dan enam pesawat CRJ900NextGen. Perusahaan ini membuat sejarah pada tahun lalu sebagai maskapai penerbangan pertama di China yang mengoperasikan CRJ900.

Berdasarkan daftar harga untuk CRJ900 NextGen, kesepakatan untuk firm order tiga pesawat mencapai US$ 134 juta. Tapi jika seluruh pesanan, yaitu pembelian kondisional lima pesawat dan opsi delapan pesawat tambahan, telah diubah menjadi firm order, maka kesepakatan akan bernilai US$ 733 juta.

“Hingga 2016, kami mengantisipasi jumlah rute penerbangan China Express mencapai 90, tiga kali lebih banyak daripada rute yang ada saat ini, dan akan mencakup 60 persen kota regional di China. Kami yakin bahwa armada Bombardier kami sangat efisien dan aset yang bisa andalkan untuk mencapai tujuan kami,” ungkap Wu Longjiang, Presiden China Express Airlines.