Begini Cara Memilih Hostel yang Baik

69

Bagi para budget traveler, hostel menjadi pilihan utama akomodasi yang murah dan efisien. Dengan kegiatan dan jadwal mengeksplorasi kota yang seabreg, kemewahan biasanya menjadi faktor ke sekian dalam memilih penginapan. Buat apa bayar mahal jika seharian kita berada di luar kamar? Tapi, memilih hostel yang baik pun bukan merupakan pekerjaan yang mudah. Ada beberapa cara memilih hostel yang baik untuk para Teman Pejalan.

Seringnya yang membuat sebuah hostel mendapat reputasi baik itu bukan karena kenyamanan tempat, tapi lebih berkaitan dengan orang-orang di dalamnya. Baik para staf ataupun sesamatraveler lain. Beberapa kali pengalaman menginap di sebuah tempat yang benar-benar buruk tapi karena orang-orang yang dijumpai di sana, tempat tersebut terasa paling memiliki cerita berkesan.

Walau bagaimanapun, jika kita berhasil menemukan sebuah hostel yang baik dan tahu kebutuhan para traveler itu akan menambah kesan perjalanan. Tentunya selalu menyenangkan untuk tinggal di sebuah tempat yang nyaman. Untuk mencari hostel yang baik, berikut beberapa tips yang dapat diberikan blibur.com sebagai bahan pertimbangan:

Hostel yang baik akan memahami kebiasaan traveler dan menyediakan fasilitas berdasarkan kebutuhan mereka. Foto: Vieta Diani

 

Harga Murah Belum Tentu Selalu Lebih Baik – Sebagai budget traveler, secara naluriah kita akan mencari penginapan dengan harga termurah. Sementara apa yang kita bayar adalah apa yang kita dapat. Seringnya kita menyesal dengan keputusan hemat berlebihan ini. Kebanyakan hostel yang terlampau murah berkondisi jorok, berkamar mandi kotor, memiliki kasur yang tidak nyaman dengan bantal super tipis.

Zaman sekarang, semua hostel paham betul dengan harga yang berkompetisi. Mungkin kita memang harus membayar lebih beberapa puluh ribu Rupiah, tapi dengan kondisi kamar yang jauh lebih manusiawi dan fasilitas yang lebih memadai. Dengan begitu, badan kita pun akan mengucapkan terima kasih karena mendapat tempat istirahat yang layak.

Baca juga:  Yuk, Jadi Penumpang Pesawat Cerdas

Loker – Loker adalah sebuah keharusan fasilitas hostel karena gadget adalah sahabat traveler pada masa kini. Dengan ukuran dan berat tertentu yang dapat membebani bawaan, gadget tidak melulu akan dibawa kemanapun Teman Pejalan pergi. Oleh sebab itu kehadiran loker harus menjadi hal yang dipertimbangkan dalam memilih hostel. Dan hostel yang baik seharusnya tidak menagih biaya ekstra untuk keamanan.

Loker adalah faktor keamanan yang penting dipertimbangkan dalam memilih hostel. Foto: Vieta Diani

Internet – Sementara internet bukanlah keharusan bagi semua traveler, sebuah hostel dengan fasilitas wi-fi atau komputer berkoneksi internet tentunya tetap akan membuat hidup jauh lebih mudah. Kita tidak perlu mencari warung internet atau repot nongkrong di cafe yang menyediakan wi-fi jika ingin memantau kehidupan online atau mengontak orang rumah.

Waktu Check-In dan Check-Out – Standar kedua hal ini adalah pukul 2 siang untuk check-in dan pukul 12 siang untuk check-out. Jadi, jangan pernah mau untuk tinggal di hostel yang memiliki waktu check-out di bawah pukul 10 pagi!. Kebijakan early/late check-in/check-out tanpa dikenakan biaya tambahan tentunya akan menjadi nilai plus dari sebuah hostel untuk dipilih.

Hostel yang baik akan paham mengenai keberagaman jadwal kedatangan traveler yang berbeda-beda untuk waktu check-in. Walau mungkin resepsionis sudah tidak bekerja pada dini hari, biasanya akan ada sebuah deposit box dimana staf hostel akan menyimpan kunci kamar atau loker dan kita cukup memasukkan kode yang telah mereka konfirmasi sebelumnya untuk mengambil kunci tersebut. Begitupun dengan waktu check-out.

Hostel yang baik akan mengerti bahwa istirahat yang cukup adalah hal sangat berharga bagi traveleryang seringnya jarang tidur tepat waktu. Jadi telat sekian menit hingga satu jam seharusnya dapat menjadi hal yang dapat dimaklumi.

Baca juga:  Hal yang Akan Kamu Pelajari Setelah Lama Menetap Di Luar Negeri

Tentunya kita sebagai traveler pun harus bertindak baik pula apabila menemui kondisi seperti ini. Memberi pemberitahuan sebelumnya dan meninggalkan review yang baik sesudahnya terhadap hostel tersebut tentu tidak akan merugikan kedua belah pihak.

Contoh deposit box yang biasanya menjadi wadah pengambilan kunci untuk tamu yang harus melakukan late check-in. Foto: Vieta Diani

Fasilitas Sarapan Pagi – Ini juga akan menambah nilai pilihan hostel yang akan dipesan. Selain akan membantu traveler memperhatikan asupan gizi dalam perjalanan, khususnya hostel yang menyediakan all-day breakfast, juga akan menjadi penyelamat untuk berhemat. Apalagi jika mereka juga menyediakan fasilitas air minum tidak terbatas. Jangan ragu untuk tinggal di hostel tersebut!

Bar / Entertainment Room – Walaupun bukan hal utama dan banyak hostel yang tidak menyediakan ruang untuk berkumpul, hal ini tetap dapat menjadi bahan pertimbangan untuk memilih hostel dengan atmosfer yang menyenangkan. Bagi para solo traveler, tentunya keberadaan ruangan hiburan ini akan menjadi salah satu medium untuk berinteraksi dengan traveler lainnya.

Biasanya sebuah hostel yang baik akan memastikan bahwa orang-orang yang tinggal di sana memiliki waktu menyenangkan, saling bersosialisasi dan menjaga suasana tetap hidup dengan menyediakan fasilitas area umum yang menakjubkan.

Area umum yang bisa menjadi tempat traveler berinteraksi. Foto: Vieta Diani

Fasilitas di Toilet dan Kamar Mandi – Selain kondisi bersih dan semua alat yang terdapat di dalamnya bekerja dengan semestinya, fasilitas perlengkapan di dalam toilet dan kamar mandi juga penting diperhatikan. Terkadang kita lupa atau mungkin malas membawa perlengkapan seperti sampo, sabun, dan sebagainya. Pada masa sekarang, sudah mudah dijumpai hostel yang menyediakan komplit fasilitas tersebut dengan harga yang tentunya kompetitif. Ini tentu dapat meringankan beban perjalanan.

 

Beberapa hostel terbaik bahkan menyediakan fasilitas sepeda lipat untuk tamunya. Jika begini, membayar sedikit lebih mahal bukan masalah. Foto: Vieta Diani

Memang mungkin akan sedikit sulit menemukan hostel yang sempurna dengan semua daftar tersebut di atas, tapi setidaknya mereka harus memiliki prioritas utama untuk memfasilitasi tamunya. Dengan begitu dapat disimpulkan hostel tersebut paham bisnis yang berdasarkan kebutuhan para pejalan. Bukan hanya sekedar mengambil uang dengan imbalan tempat tidur seadanya.

Baca juga:  Mencari Data Pesawat Komersial Indonesia Dari PK

Serta perlu diingat, walaupun hak setiap pejalan untuk memilih sebuah tempat yang dapat membuat tamunya merasa senang, kita sebagai tamu pun sebaiknya harus tetap fleksibel. Tinggal di hostel adalah pilihan kita sendiri, jadi kita harus terus membuka pikiran terhadap segala kemungkinan yang dapat terjadi.

Tidak perlu selalu mengeluh jika dapur yang disediakan hostel berantakan, kita dapat makan di luar ruangan. Atau marah-marah ketika lantai kamar mandi bersama kotor, kita dapat menggunakan sendal jepit. Atau jika kamar dormitory tidak ada kuncinya, untuk itu disediakan loker, bukan?

Menemukan hostel yang baik tentulah menyenangkan, tapi kita pun harus paham bahwa hostel biasanya hanya menyediakan kenyamanan dan keamanan dengan level yang sangat dasar. Selamat berlibur ala backpacker.

Sumber

Previous articleTraveling Bisa Membuatmu Semakin Cerdas
Next articleCara Menghemat Pengeluaran Makan Saat Traveling