“Bandara Hantu” di Spanyol Akhirnya Dijual

79

MADRID – Spanyol memiliki sebuah bandara besar, yang sayangnya tidak pernah disinggahi pesawat komersil sehingga dijuluki “bandara hantu”. Kini, bandara tersebut akan dijual dengan harga yang cukup murah.

Bandara ini berada di Ciudad Real, sekira 200 kilometer sebelah selatan Kota Madrid. Landasan bandara cukup untuk mendaratkan pesawat terbesar di dunia, yakni Airbus A380.

Bandara ini beroperasi sejak 2008, namun sayangnya tidak berlanjut. Pada 2012, bandara ini bangkrut dengan utang lebih dari 300 juta Euro. Akhirnya, bandara dilelang dengan harga mulai dari 100 juta Euro dan akan ditutup lelangnya pada 27 Desember mendatang, seperti dikutip dari Telegraph, Selasa (10/12/2013).

Ciudad Real, kota dimana bandara ini berdiri, adalah sebuah kota kecil di antara Madrid dan Cordoba dengan 750 ribu penduduk. Tadinya, bandara tersebut dibangun untuk melayani wisatawan yang datang dari Ibu Kota Spanyol dan pesisir Andalusian.

Bandara ini memiliki landasan terpanjang di Eropa, dengan panjan 4.200 meter. Kini, landasan tersebut diberi cat kuning terang agar pilot maskapai yang melewatinya tahu bahwa bandara ini tak lagi bisa digunakan untuk mendaratkan pesawat.

Bukan hanya bandara ini yang tutup dan dijual. Karena krisis ekonomi yang dihadapi, banyak bandara di Spanyol juga sepi. Beberapa bandara di negara ini tidak lagi melayani penerbangan komersil dan hanya mendapat kurang dari 100 ribu penumpang per tahun.