Apakah Ini Bandara Pertama di Dunia?

704

Dayton – Bandara yang megah, jadi tempat pesawat berlalu lalang dan jutaan traveler datang dan pergi. Hari ini, bandara menjadi tempat vital untuk para petualang. Tapi, siapa yang tahu soal bandara pertama di dunia?

Terletak di Dayton, Ohio, ada bagian dari Dayton Aviation Heritage National Historic Park yang disebut sebagai bandara pertama di dunia. Di sana ada gubuk tua dan sebuah tulisan dari badan National Park Service, “Bandara pertama. Jelajahilah Huffman Prairie Flying Field.”

Pesawat terbang diciptakan oleh Wright bersaudara di Kitty Hawk, North Carolina. Namun ternyata, di Dayton inilah mereka menguji mesin terbang mereka. Tempat ini 1.000 km jauhnya dari North Carolina.

“Kawasan 34 hektar adalah tempat si anak-anak Wright itu mencoba-coba, belajar dari kesalahan sampai membuat mesin yang praktis dan bisa terbang,” kata Ranger bernama Robert Petersen dilansir News.com, Rabu (26/2/2013).

Sejarah mencatat, Wright pertama kali terbang dengan pesawat bermesin sejauh 260 meter dalam 59 detik pada tahun 1904. “Inilah sang Cawan Suci. Inilah secara harfiah dimana dunia penerbangan dimulai,” kata Petersen.

Di Huffman Prairie banyak sejarah terjadi. Inilah tempat pertama kalinya di dunia pesawat bermesin bisa berbelok, terbang melingkar, terbang membentuk angka 8, dan tempat sekolah penerbangan pertama di dunia. Wow!

Salah satu murid Wright Bersaudara yang terkenal adalah Henry ‘Hap’ Arnold yang kemudian menjadi satu-satunya jenderal bintang lima di dalam sejarah Angkatan Udara AS. Di tempat ini pula menjadi penerbangan kargo pertama di dunia dimana pesawat Wright menerbangkan kain-kain untuk sebuah toko di Colombus, 88 km jauhnya.

“Jadi, inilah bandara pertama di dunia,” kata Petersen.

Huffman Prairie sekarang adalah bagian dari Pangkalan Udara Wright-Patterson. Kawasan ini masuk dalam Dayton Aviation Heritage National Historic Park. Tempat ini sampai meliputi rumah bersejarah tempat tinggal keluarga Wirgt dan toko sepeda mereka. Luar biasa bukan?

Baca juga:  5 Wisatawan Asing Pertama di Indonesia pada 2014 Terima Penghargaan

Sumber: http://travel.detik.com/read/2014/02/26/071710/2508505/1382/apakah-ini-bandara-pertama-di-dunia?991104topnews

Previous articlePolda Bidik Proyek Bandara
Next articleAirAsia Promo Kursi Gratis ke Semua Rute Internasional