AP II Keluhkan Lahan Parkir Pesawat di Soekarno Hatta Penuh

139
Tiket Pesawat ke Banten
Ilustrasi Bandara Soekarno-Hatta

Angkasa Pura II berkomitmen memberikan pelayanan terbaik serta melindungi para pengguna bandara. AP II juga berkomitment menerapkan praktik tata kelola perusahaan yang baik, meningkatkan kesejahteraan karyawan dan keluarganya serta meningkatkan kepedulian sosial terhadap masyarakat umum dan lingkungan sekitar bandara tapi bagaimana jika AP II mengeluhkan penuhnya lahan parkir di Bandara Soekarno-Hatta? Hal itu lantaran banyaknya pesawat yang parkir di Bandara Soekarno-Hatta pada waktu yang lebih awal.

“Jadi begini misalnya mereka nge-RON (Remind Over Night alias menginap di bandara) nya malam. Mereka landing di mana? Misalnya jam sembilan malam, jam dua malam sih oke aja buat kita. Tapi ada maskapai yang nge-RON jam sekarang, sore. Setengah tiga atau jam lima sore. Saya rasa di samping produktivitas mereka tidak tinggi, itu juga membebani kapasitas di apron kita, parking stand,” kata Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin seusai menerima kunjungan kerja Menteri Pariwisata Arief Yahya di Kantor Angkasa Pura II, Banten, seperti dilansir dari Kompas.com, Senin (17/4/2017)

Menurutnya, saat ini Bandara Soekarno Hatta telah dipenuhi sebanyak 149 pesawat per hari. Awalludin mengatakan seharusnya maskapai-maskapai bisa memanfaatkan bandara-bandara lain di bawah pengelolaan Angkasa Pura II untuk parkir.

“Orang (pesawat) itu mau landing di Soekarno Hatta, malam itu mereka gak masalah. Gak papa mereka landing di atas jam 11 malam. Karena saya (pesawat) landing jam satu malam, pesawat saya malam gak papa tapi kan saya harus langsung nge-RON. Kalau saya landing gimana saya mau parkir, wong parkirnya sudah penuh 149 pesawat,” jelasnya.

Awalludin mengatakan saat ini Angkasa Pura II memprioritaskan pesawat-pesawat berbadan besar yang bisa parkir di Bandara Soekarno Hatta. Ia menyebut jenis pesawat seperti ATR dan Bombardier yang bakal didorong di luar Bandara Soekarno Hatta. Dengan demikian, pesawat berbadan besar bisa mendapatkan kesempatan masuk ke Bandara Soekarno Hatta. Ia bakal memberikan insentif khusus bagi pesawat yang ingin parkir di luar Bandara Soekarno Hatta.

Baca juga:  Pada Selasa (19/12) kemarin maskapai Transavia, anak usaha dari Air France-KLM G...

“Bisa gak kamu ke sana (parkir di luar Soekarno Hatta), parking fee-nya saya (Angkasa Pura II yang bayar). Kita bebasin deh landing fee dan parking fee-nya. Ini yang kita dorong,” jelasnya.

Adapun bandara-bandara yang berada di bawah pengelolaan Angkasa Pura II adalah Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Bandara Halim Perdanakusuma, Bandara Husein Sastranegara (Bandung), Bandara Internasional Kuala Namu (Medan), Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Bandara Sultan Syarif Kasim II (Riau), Bandara Minangkabau (Padang), Bandara Supadio ( Pontianak), Bandara Raja Haji Fisabilillah (Bintan, Kepulauan Riau), Bandara Sultan Thaha (Jambi), Bandara Radin Inten II (Bandar Lampung), Bandara Sultan Iskandar Muda (Banda Aceh), dan Bandara Silangit (Sumatera Utara).

Previous articleKemenpar Beri Insentif ke Citilink Untuk Destinasi Wisata Baru
Next articlePerubahan Iklim Sebabkan Turbulensi Pada Pesawat