Taman Impian Jaya Ancol masih menjadi destinasi wisata yang digemari masyarakat saat libur Lebaran. Bagi Anda yang ingin menghabiskan libur Lebaran di Ancol, ada baiknya mengetahui sistem parkiran kendaraan. Sebab, untuk mendukung kenyamanan dan optimalisasi lahan parkir, pihak pengelola Taman Impian Jaya Ancol akan menerapkan sistem parkir terpusat, yang akan diberlakukan pada 26-28 Juni 2017, mulai pukul 05.00-24.00 WIB.

Lahan parkir Ancol sendiri mampu menampung sekitar 13 ribu kendaraan roda empat dan 21 ribu roda dua. Pengunjung cukup memarkir kendaraan yang telah disediakan di beberapa sentral parkir yang ada di utara, timur, barat, dan selatan. Untuk menjangkau destinasi wisata yang dituju, pengunjung bisa menggunakan Bus Wara Wiri dan Kereta Wisata Sato Sato yang bisa diakses secara gratis.

Setidaknya 100 unit Bus Wara Wiri akan disediakan dan terus beroperasi sehingga pengunjung tidak perlu mengantre terlalu lama. Kenyamanan pengunjung lansia, ibu hamil, dan balita, serta orang berkebutuhan khusus juga dijamin dengan adanya kendaraan yang diperuntukkan bagi mereka.

Selain itu, ada fasilitas baru lainnya yang bisa digunakan pengunjung untuk menjelajahi Ancol secara gratis, yaitu sepeda Ourbike. Untuk bisa menggunakan fasilitas ini, pengunjung cukup mengunduh aplikasi Ourbike yang tersedia di playstore dan appstore. Setelah itu, pengunjung cukup men-scan barcode pada sepeda untuk mendapat kunci pengaman. Fasilitas ini bisa Anda nikmati hingga Agustus mendatang.

“Ini kita lakukan untuk mengurangi kemacetan. Paling tidak, tahun ini kemacetan berkurang, dan tahun depan sudah enggak ada macet lagi tiap lebaran di Ancol,” ungkap Sahir Syahali, Direktur Rekreasi Taman Impian Jaya Ancol.
“Silakan sebelum jam 10 masuk dari pintu Pantai Carnaval, pengunjung ke Dufan dan destinasi lain ada bus khusus.

Pintu lain kami tutup. Sedangkan pukul 10.00 – 24.00 pintu parkir dibuka semua. Ini penting disampaikan biar masyarakat tidak salah persepsi. Ini kita lakukan demi kenyamanan dan optimalisasi lahan parkir,” tutup Sahir.