4 Miliar Dollar AS untuk “Beres-beres” Bandara LaGuardia

18

Perusahaan asal Swedia, Skanska AB menggandeng operator penerbangan asal Kanada memimpin proyek “beres-beres” Bandara LaGuardia di New York, AS. Tak ada catatan perusahaan asal AS ikut bergabung di konsorsium itu.

Modal untuk kegiatan pembenahan mulai dari konstruksi dan manajemen di bandara yang menjadi penghubung rute domestik maskapai penerbangan Delta Air Lines itu adalah duit hingga 4 miliar dollar AS yang disediakan pengelola yakni Port Authority of New York and New Jersey, Sabtu (30/5/2015).

Salah satu sektor yang mengalami pembenahan total adalah terminal tiga lantai. Di situ, kelak akan tersedia 35 pintu di wilayah seluas 1,3 juta kaki persegi. Luasan itu berkembang dari posisi awal 835.000 kaki persegi.

Andai bangunan itu rampung, jumlah penumpang yang bisa ditampung menjadi 17,5 juta atau separuh dari target daya tampung pada 2030.

Bandara LaGuardia beroperasi pada sekitar 1930-an. Pertumbuhan hingga tahun ini membuat daya tampung bandara melebihi kapasitas. Padahal, pembenahan bandara termutakhir terjadi pada 1964. Pada tahun itu, kapasitas bandara dipatok 8 juta penumpang per tahun.

Sumber