2015, Kunci Kamar Hotel Gunakan Ponsel

70

Dalam dua tahun, akan terjadi perubahan besar dalam dunia perhotelan. Pasalnya teknologi semakin merasuk dalam sendi industri ramah-tamah alias hospitality. Disebutkan pada 2015, jaringan hotel di Amerika Serikat, akan menggunakan ponsel pintar sebagai kunci kamar, menggantikan kartu magnet yang sekarang ini banyak digunakan.

Hotel pertama yang akan melakukan uji coba kunci ponsel ini adalah jaringan Starwood Hotels & Resorts, tepatnya di hotel Aloft di Manhattan dan Silicon Valley.

Selain sebagai kunci, tamu pun bisa langsung check-in hotel lewat aplikasi khusus, sehingga tidak perlu mengunjungi resepsionis untuk mengonfirmasi kamar. Adapun untuk kunci kamar, aplikasi yang sudah tersedia untuk iOS dan Android tersebut nantinya akan terhubung dengan bluetooth.

Caranya pun mudah, hanya tinggal menghadapkan ponsel pada mesin pembaca di pintu, untuk membukanya.

Kunci virtual ini tercipta berkat kerjasama dengan sebuah perusahaan teknologi asal Amerika Serikat yang merilis alat yang disebut “smart lock”.

Khusus bagi dunia perhotelan, aplikasi kunci virtual ini juga bisa berfungsi ganda sebagai ajang promosi dan pemesanan. Tamu bisa memilih kamar yang diinginkan juga mempelajari seluk-beluk hotel melalui foto dan langsung mem-booking kamar lalu check-in tanpa harus mengunjungi resepsionis hotel.

Jika uji coba kunci virtual tersebut sukses, Starwood Hotels and Resorts akan memasang kunci virtual menggunakan ponsel itu ke seluruh hotelnya yang berjumlah 123 buah, hingga akhir 2015 nanti.

“Saya yakin kunci virtual menggunakan ponsel ini akan menjadi standar baru bagaimana tamu menggunakan kamar mereka,” ujar CEO Starwood Frits Van Paasschen kepada Wall Street Journal.

Selain di hotel, kunci virtual ini juga bisa diaplikasikan di rumah maupun di kantor. Dilansir Daily Mail, harga kunci virtual itu dibanderol sebesar US$199 atau setara Rp2,5 juta dan bisa diatur agar teman dan keluarga bisa ikut menggunakannya, juga melalui aplikasi iOS atau Android.

Baca juga:  Kemenhub Pastikan Ada Tambahan Penerbangan untuk Lebaran

Sumber: http://life.viva.co.id/news/read/477475-2015–kunci-kamar-hotel-gunakan-ponsel

Previous articleLiburan Hemat? Ini Tips Dapatkan Tiket Promo
Next article5 Destinasi Wajib bagi Pencinta Hewan