Yogyakarta punya wahana wisata 3D terbesar di dunia

106

Walikota Yogya Haryadi Suyuti menerima bunga dari Sultan Hamengku Buwono X.  Tapi itu hanya tipuan dari De Mata Trick Eye museum yang diresmikan oleh Walikota, di bekas parkir XT Square, Minggu sore kemarin.

Bahkan Haryadi mencoba berbagai pose dengan foto-foto yang mengundang tawa. Wahana Wisata 3 D Art ini, akan menambah ikon Kota Yogya. “Ini yang terbesar di Indonesia dan dunia. Di luar negeri hanya 70 gambar disini ada 120 gambar,” kata Petrus Kusuma pengelola De Mata.

Dengan area seluas 900 meter persegi dan menggunakan lahan parkir di baseman Gedung Umar Kayam, berbagai foto 3 demesnsi itu diyakini akan diminati para pengunjung, meski harus bayar ticket masuk Rp 25.000,00 per orang.

Gambar-gambar untuk narsis itu antara lain lorong di Taman Sari, Tugu Yogya, keganasan lahar dingin dengan melewati jembatan, atau melewati jembatan kecil dan di kanan-kiri jurang. “Ini benar-benar menyenangkan untuk foto kenangan seperti keadaan sesungguhnya,” kata Bagus, warga Magelang yang kebetulan mampir di XT Square, yang ditemui LICOM.

Menurut Petrus Kusuma, sebenarnya dulu pernah mengincar lahan di timur Alun-Alun Utara Yogya. Tempat itu sangat strategis sekaligus meramaikan wisata Kraton Yogya. Tapi tidak  mendapat ijin keraton.

“Maka saya pilih XT Square ini, karena memiliki lahan parkir yang luas. Disamping itu, bisa meramaikan kios-kios kerajinan di bagian depan karena banyaknya wisatawan yang kesini,” ujar Petrus Kusuma.

Untuk membangun wahana wisata itu, Petrus mengeluarkan investasi  Rp 2 miliar.  Pentaaan gambar di tempat ini sangat detil.  “Semua ditangani tim kreatif kami yang handal,” tandas Petrus Kusuma.@teguh_ra

Sumber: http://www.lensaindonesia.com/2013/12/23/yogyakarta-punya-wahana-wisata-3d-terbesar-di-dunia.html