Wisata Pulau Tunda

162

Pulau Tunda merupakan sebuah pulau yang secara administratif masuk dalam wilayah Kabupaten Serang, Propinsi Banten. Pulau ini terletak di Laut Jawa, di sebalah Utara Banten. Terdapat satu Desa di pulau ini, yaitu Desa Wargasara. Nah, desa ini terbagi menjadi dua bagian, Kampung Barat dan Kampung Timur.

Pulau Tunda memiliki luas sekitar 300 hektare dengan jumlah penduduk Pulau Tunda mencapai 3000 orang pada tahun 2007 ini hanya punya satu desa, yakni Desa Wargasara. Di Pulau Tunda mata pencariannya mengandalkan penghasilan laut. Karenanya, hampir seluruh warga Pulau Tunda merupakan nelayan.

Pulau Tunda atau Postpone Island ini sebenarnya sudah di kenal di kalangan pecinta snorkeling dan diving serta mereka para backpaker. Pulau tunda sebenarnya sangat dekat dengan kawasan pulau seribu di Jakarta, hanya butuh 1 jam dengan kapal untuk menuju ke pulau tidung.

Walaupun  merupakan sebuah daerah terpencil, Pulau Tunda memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa. Oleh karena itu, Pantai Tunda ini layak dimasukan kedalam salah satu list tempat wisata yang harus di kunjungi di Banten.

ACTIVITY

1) Snorkeling

Seperti halnya kebanyakan wisata pulau, di Pulau Tunda kita dapat melakukan snorkeling, menikmati indahnya pemandangan bawah laut. Spot-spot snorkeling di Pulau Tunda terdapat di sekeliling pulau ini. Jadi jangan heran jika anda nantinya hanya dibawa berputar keliling pulau saat snorkeling.

2) Memancing

Pulau Tunda merupakan tempat yang sering digunakan untuk memancing. Kalau anda hobby memancing, jangan lupa membawa peralatan pancing. Bahkan sebenarnya pulau ini masih belum dikenal sebagai daerah wisata. Belum banyak wisatawan yang tahu dan berkunjung ke pulau ini. Berbeda halnya dengan pulau-pulau di Kepulauan Seribu.

Baca juga:  captures the awe-inspiring beauty of this lake inside the largest cave in the wo...

3) Jalan -jalan di Pulau

Pulau Tunda terbagi atas dua Kampung utama, yaitu Kampung Barat dan kampung Timur. Anda dapat berjalan kaki menyusuri pulau ini melewati kebun, semak belukar dan area pepohonan kelapa untuk menikmati suasana pulau ini. Atau dapat juga bermain ke pantai. Sayangnya belum ada penyewaan sepeda di pulau ini seperti halnya di Pulau Tidung atau Pulau Pari di Kepulauan Seribu.

4) Menikmati sunrise dan sunset

Apalagi yang asyik dilakukan di pulau selain menikmati sunrise dan sunset? Kita dapat menikmati sunrise maupun sunset salah satunya dari sebuah menara di Kampung Barat. Namun untuk melihat sunset atau sunrise dari menara

5) Berburu Lumba-Lumba

Di Pulau ini terkadang masih sering muncul gerombolan Lumba-Lumba. Jadi, pagi-pagi tidak ada salahnya mencoba berkeliling pulau dengan perahu motor. Siapa tahu anda beruntung bertemu dengan gerombolan Lumba-Lumba.

6) Melihat pembuatan perahu

Di pulau ini terdapat tempat pembuatan perahu. Tarifnya bervariasi tergantung model dan jenis perahunya. Harganya mencapai puluhan juta.

– See more at: http://www.raja-wisata.com/tour-package/pulau-tunda#sthash.JrL1kSNh.dpuf

Previous article10 Tempat Wisata di Bengkulu yang Wajib Dikunjungi
Next article5 Tempat yang mesti dikunjungi saat ke Taman Nasional Gede Pangrango