Usir ‘Jetlag’ Dengan 4 Cara Ampuh Ini!

36
Tips Meredakan Jet Lag

Bepergian dengan pesawat ke belahan bumi lain terkadang membuat turis mengalami jet lag. Perbedaan waktu yang cukup jauh menjadi penyebab utamanya. Kondisi fisiologis tubuh yang belum siap dengan perubahan waktu yang terlalu jauh bisa sangat mengganggu. Untuk itu, usir jet lag dengan 4 cara ampuh berikut:

1. Sesuaikan jam pribadi

Hal pertama yang bisa anda lakukan untuk mencegah jet lag sebelum bepergian adalah penyesuaian jam. Beberapa hari sebelum pergi, sesuaikan waktu dengan destinasi tujuan, seperti waktu tidur atau bangun tidur yang dipercepat.

Jika waktu tiba di destinasi tujuan pagi hari, usahakan untuk tidur dalam pesawat. Jadi, begitu sampai travelers tidak mengantuk dan bisa langsung beradaptasi pelan-pelan dengan kondisi di sana.

2. Konsumsi suplemen tubuh

Mengonsumsi suplemen yang mengandung melatonin terbukti bisa mengurangi jet lag. Suplemen ini bisa menimbulkan kantuk pada beberapa orang. Jadi, anda bisa mencobanya sebagai alat bantu untuk menyesuaikan waktu tidur. Namun, tetap berhati-hati karena ada beberapa orang yang alergi suplemen tubuh. Konsultasikan dengan dokter anda sebelum mencobanya.

3. Tambah cairan

Traveling dengan pesawat dalam waktu yang lama bisa membuat seseorang mengalami dehidrasi. Sedangkan dehidrasi justru semakin membuat seseorang mengalami jet lag lebih besar lagi, atau bahkan lebih buruk. Oleh karena itu, cegah dehidrasi dengan minum banyak air putih, dan hindari kopi atau alkohol.

4. Sediakan pil tidur

Banyak orang yang sengaja tidak tidur sebelum traveling agar bisa terlelap dengan nyenyak di atas pesawat. Meski begitu, hal tersebut bukan tanpa resiko. Jet lag bisa juga menyerang orang yang kelewat lelah atau sakit. Jadi, pastikan anda telah cukup tidur sebelum penerbangan.s

Semoga bermanfaat!