Uniknya Kode Untuk Bandara Ini

204
terminal 3

Setiap bandara di dunia punya kode internasional resmi yang dikenal sebagai IATA Airport Code. Kode-kode ini terdaftar di International Air Transport Association (IATA) dan diatur oleh resolusi IATA nomor 763.

Kode bandara ini biasanya muncul di tag bagasi dan juga di boarding pass. Seperti misalnya, Soekarno Hatta International Airport (SHIA) yang punya kode panggil CGK, merujuk ke singkatan Cengkareng, lokasi dimana bandara ini berada.

Tapi terkadang kode bandara ini justru malah mengundang tawa, terutama bagi traveler asal Indonesia. Berikut beberapa kode bandara yang bisa bikin airporters senyum-senyum sendiri:

1. EEK

Bandara berkode EEK di negara bagian Alaska, Amerika Serikat. Kata ‘Eek’ yaitu kotoran. Tapi Bandara EEK sama sekali tidak ada kotoran dimana-mana kok. Dinamai begitu karena lokasinya ada di Kota Eek, Alaska. Bandara ini melayani penerbangan dari dan menuju Kota Eek.

2. DOG

Selanjutnya ada bandara berkode DOG. Jika diartikan ke bahasa Indonesia, inilah bandara anjing. Tapi nyatanya, tidak ada anjing di bandara satu ini. DOG adalah kode untuk Bandara Dongola di Sudan. Dongola sendiri adalah ibu kota untuk kawasan Northern Sudan.

3. LOL

LOL adalah singkatan populer yang kerap digunakan di meme. LOL merujuk ke tertawa terbahak-bahak, alias Laugh Out Loud. Tapi ada juga lho bandara yang berkode LOL. Bandara LOL ini ada di Kota Lovelock, negara bagian Nevada, AS. Kalau ke sini, kamu jangan ketawa ya, walaupun bandaranya LOL.

4. BAH

BAH, mungkin terdengar akrab di telinga orang Medan. Tapi sesungguhnya, BAH adalah kode untuk Bandara Internasional Bahrain. Saat sampai di Bandara BAH, bukan orang Medan yang airporter temukan, malah akan melihat banyak orang Arab lalu lalang.

5. FAT

Kata ‘Fat’ bisa diterjemahkan jadi lemak, atau gendut. Tapi dalam dunia penerbangan, FAT adalah kode resmi untuk Fresno Yosemite International Airport di Kota Fresno, AS. Bandara FAT adalah bandara joinan antara militer dan sipil utama yang melayani penerbangan ke dan dari Taman Nasional Yosemite di AS.

6. FUK

Jika dibaca, bandara satu ini akan terdengar seperti kata makian F*CK. Padahal, kode FUK adalah kode resmi dari Bandara Internasional Fukuoka di Jepang.

7. OMG

Singkatan OMG pasti populer di kalangan anak muda gaul. OMG merupakan singkatan dari ‘Oh My God’. Biasanya diucapkan untuk mengungkapkan rasa kaget, terkejut, shock dan tidak menyangka. Tapi di dunia penerbangan, ada juga lho bandara dengan kode OMG, yaitu Omega Airport. Bandara Omega adalah bekas bandara militer yang kini melayani penerbangan sipil di Kavango East Region, Namibia.

Previous articleTraveler Ini Malah Buka Baju Saat Diusir dari Pesawat
Next articlePT MAB Kerjasama dengan PT Angkasa Pura II Untuk Operasikan Bus Listrik