TNI Angkatan Udara akan menggelar Bulan Dirgantara Indonesia di Jakarta dan Bandung, pada April 2016. Meski ditargetkan hanya dapat menarik sedikitnya 50.000 pengunjung tetapi diharapkan mampu mendekatkan masyarakat pada dunia dirgantara dan TNI AU.

Menurut Kepala Staff TNI AU Marsekal Agus Supriyatna, penyelenggaraan Bulan Dirgantara Indonesia merupakan kegiatan penting TNI AU dalam upaya pembinaan dan pengembangan potensi kedirgantaraan untuk memberdayakan potensi masyarakat menjadi kekuatan pertahanan negara.

“Salah satu peran serta masyarakat dalam pembinaan potensi kedirgantaraan diwujudkan dalam bentuk penyelenggaraan Bulan Dirgantara Indonesia 2016 sekaligus menyambut HUT TNI AU setiap tanggal 9 April,” ujar Marsekal Agus dalam peluncuran Bulan Dirgantara Indonesia, belum lama ini.

Berbagai kegiatan pun siap diselenggarakan untuk meramaikan perhelatan ini diantaranya, kompetisi cabang olahraga dirgantara memperebutkan Kasau Cup, Dirgantara Education and Technology Expo 2016 serta Seminar Kedirgantaraan.

“Seluruh cabang olahraga yang dipertandingan dalam KASAU CUP Series diharapkan dapat dipertandingkan sebagai cabang olahraga Asian Games 2018. Khusus untuk drone race, TNI AU berencana mengusulkan masuk dalam olahraga resmi FASI. Selain itu, tentu TNI AU berharap KASAU CUP Series dapat menjadi agenda tetap tahunan sehingga tahun depan dapat mengundang para atlit dari luar negeri,” tuturnya.

Rangkaian kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada April 2016 diawali lomba dirgantara memperebutkan KASAU CUP Series yang dilaksanakan pada 1-3 April 2016. Untuk Lomba Paralayang, Lomba Gantole dan Cross Country Bike Challenge berlokasi di Gunung Mas, Kawasan Puncak, Jawa Barat.

Pada hari yang sama di Lanud Atang Sanjaya, Bandung dilombakan Terjun Payung dan Para Motor. Sementara di Lanud Suryadharma, Kalijati, Subang, dilakukan Lomba Terbang Layang, kemudian di Lanud Sulaiman, Bandung digelar Lomba Aeromodelling, Lomba Trike dan Drone Race. Seluruh pendaftaran semua cabang olahraga dimulai Sejak 4 April 2016 melalui laman www.bulandirgantaraindonesia.com.