Breaking News
Sumber : anekatempatwisata.com

Tips Wisata ke Yogyakarta saat Libur Lebaran

Meski libur Lebaran 2017 masih tiga pekan lagi, wisatawan yang ingin berkunjung ke Yogyakarta sebaiknya mulai mempersiapkan diri. Sebab, wisatawan domestik maupun wisatawan asing diprediksi bakal membanjiri DIY pada libur Lebaran.

Sejumlah lokasi wisata yang menakjubkan, beragam kebudayaan, aneka kuliner dengan harga terjangkau, dan keramahan masyarakatnya menjadikan Yogyakarta sebagai salah satu destinasi favorit untuk libur Lebaran.

Akibatnya, kemacetan terjadi di sejumlah ruas jalan sehingga wisatawan banyak menghabiskan waktu di jalan. Tak menutup kemungkinan wisatawan yang datang ke DIY tak kebagian tempat penginapan akibat membludaknya pengunjung.

Akan tetapi, Ketua DPD Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) DIY, Udhi Sudiyanto, mengatakan bahwa hal tersebut jangan sampai membuat wisatawan enggan berkunjung ke DIY.

Menurutnya, ada beberapa tips yang bisa membuat wisatawan tidak harus mengalami kemacetan sampai kehabisan tempat penginapan. Pertama, kata dia, wisatawan yang ingin berkunjung ke DIY tidak perlu lagi membawa mobil pribadi. Lebih baik wisatawan menyewa mobil. Masuknya kendaraan pribadi dari luar daerah itu yang mengakibatkan kemacetan di DIY.

“Di DIY ini banyak rental mobil, angkutan umum juga banyak, angkutan tradisional juga ada. Bisa pakai sepeda atau bisa berjalan kaki. Berlibur ke DIY itu harusnya bisa merasakan tempo dulu,” kata Udhi seperti yang dilansir kompas.com

Selain itu, kata Udhi, wisatawan harus mencari tempat penginapan alternatif untuk mengantisipasi penuhnya hotel dan losmen yang ada. Tidak ada salahnya mulai mencari-cari tempat penginapan berbentuk guesthouse atau sejenisnya mulai dari sekarang agar tidak kebingungan mencari tempat menginap pada libur Lebaran.

“Atau bisa meginap di tempat saudaranya juga. Kalau kebingungan bisa mencari agen travel resmi dan terdaftar. Jangan asal booking. Siapkan juga akomodasi jauh-jauh hari sebelumnya,” tutur Udhi.

DIY memang memiliki banyak tempat wisata yang bagus dan beberapa lokasi wisata yang sudah terkenal dengan adanya media sosial. Tentu saja, lokasi wisata yang itu bakal ramai dikunjungi wisatawan yang liburan.

“Pelajari juga lokasi wisata yang akan dikunjungi nanti,” katanya.

Udhi mengatakan wisatawan juga bisa mencari lokasi wisata alternatif lainnya jika khawatir lokasi yang dituju itu bakal penuh sesak pengunjung. Menurut dia, DIY memiliki sumber daya alam dan potensi budaya yang kaya dan layak dikunjungi ketika liburan.

Tentang Tiara Hartu

Lihat juga

Memanfaatkan Libur Lebaran, Menpar Usul 10 Destinasi Unggulan

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengajak masyarakat untuk memanfaatkan liburan Lebaran 2017 dengan mengunjungi 10 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *