Tips Mengambil Foto Dari Jendela Pesawat

0
1
tips mengambil foto dari jendela pesawat

Ini dia tips mengambil foto dari jendela pesawat. Siapa yang sering berpergian dengan pesawat? Jika itu adalah Anda, tidak ada salahnya bukan jika anda mengabadikan momen foto landscape atau pemandangan dari atas langit. Sekaligus untuk menghilangkan rasa jenuh karna perjalanan di atas udara yang cukup lama.

Jika kita sudah berada di dalam pesawat lalu apakah segala sesuatunya akan dapat kita foto? Jawabannya iya bisa saja, tapi apa yang anda inginkan untuk memotret pemandangan dari jendela pesawat tidak bisa anda lakukan dengan sesuka hati. Berikut tips mengambil foto dari dalam jendela pesawat:

  1. Pilihlah tempat duduk yang strategis.

    Untuk menghasilkan foto yang anda inginkan, anda diharuskan mengambil tempat duduk yang strategis. Artinya sudah jelas tempat duduk yang bersebelahan dengan jendela pesawat. Tetapi ika view yang anda dapat terhalang oleh sayap pesawat jangan terlalu khawatir, ikut sertakan saja sayap pesawat tersebut sebagai penambah aksen seni.

  2. Posisi lensa sejajar dengan kaca jendela pesawat.

    Anda harus memposisikan lensa anda sejajar dengan jendela, tetapi ingat jangan pernah tempel lensa anda pada kaca jendela, karna pesawat memiliki getaran yang cukup tinggi. Jadi sejajarkanlah lensa kamera anda sedekat mungkin pada kaca jendela, tetapi jangan sampai menyentuhnya.

  3. Hindari pantulan dari kaca jendela.

    Untuk menghindari pantulan cahaya dari kaca jendela anda bisa menggunakan lens hood untuk meminimalisir pantulan cahaya. Bagaimana yang tidak memiliki lens hood? Jangan khawatir anda masih bisa mengakali hal ini dengan cara gunakan satu tangan untuk menutupi sekeliling ujung depan lensa.

  4. Jangan gunakan filter CPL.

    Penggunaan filter CPL pada lensa akan membuat hasil foto anda menghasilkan pelangi-pelangi palsu, untuk itu lepas atau hindarkan pemakaian filter CPL pada lensa kamera anda.

  5. Pakailah Manual focus.

    Gunakan manula fokus untuk memudahkan anda mengunci gambar yang akan anda ambil. Atau anda bisa set fokus pada titik infinity.

  6. Non-aktifkan Flash.

    Kilat flash jika anda gunakan pada pengambilan foto dari jendela akan memperburuk keadaan, karna pantulannya bisa menghilangkan pemandangan dari luar jendela oleh kilatnya. Selain itu kilat foto juga akan membuat penumpang lain merasa kaget.

  7. Tunggu sampai pesawat menukik atau miring untuk mengambil foto ke bawah.

    Pesawat akan berposisi miring pada saat ingin landing atau setelah take off, jadi siap-siaplah pada momen seperti ini untu anda mengambil pemandangan dari luar jendela pesawat. Yang harus anda ingat juga, terkadang jendela pesawat akan berubah menjadi buram atau bahkan seperti beruap ketika berada di ketinggian yang maksimal, jadi usahakan anda ambil foto pada awal penerbangan, selain pemandangannya yang masih keliatan anda juga tidak di sulitkan dengan keadaan jendela yang masih bersih.

  8. Setting Kamera.

    Ada baiknya anda bisa menggunakan settingan kamera dengan shutter speed yang lumayan cepat, atau mungkin juga bisa anda pakai speed diatas 1/250, untuk aperature anda bisa gunakan f/8 dan ISO yang cukup tinggi.

Nah itu dia beberapa tips agar anda dapat menghasilkan foto yang berkualitas dari balik jendela pesawat, ciptakan foto yang sempurna sesuai dengan keinginan hati anda. Selamat mencoba, dan salam fotografi!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here