Tips Mantra Liburan Menjaga Anda Tetap ‘Waras’

50

Terkadang, hal-hal tak menyenangkan terjadi pada liburan Anda. Seperti penerbangan yang tiba-tiba terlambat, atau Anda yang justru datang terlambat sehingga membuat kepanikan tersendiri. Bahkan, seringpula Anda terjebak macet di jalan menuju Bandara. Dan hal lainnya yang tidak pernah diprediksi akan mengganggu perjalananan Anda.

Seperti yang dilansir dari Huffingtonpost berikut tips atau mantra membuat Anda tetap waras pada saat berlibur:

1Periksa Status Penerbangan

Periksalah status penerbangan Anda. Pastikan semuanya siap sebelum hari keberangkatan tiba. Pantau pula cuaca keesokan hari agar Anda bisa mempersiapkan diri sebelumnya.

2Datang Tepat Waktu

Tinggalkan rumah lebih awal. Pastikan beberapa jam sebelum keberangkatan. Karena Anda tidak akan pernah tahu bagaimana kondisi jalan di luar sana. Jangan membiasakan diri untuk memepetkan waktu perjalanan yang Anda buat sendiri. Lebih baik datang di Bandara tepat waktu disbanding Anda terlambat.

3Buat Perencanaan Anggaran

Buatlah rencana anggaran pengeluaran sebaik mungkin. Jangan sampai kehabisan uang membuat mood liburan Anda berubah drastis. Jangan terlalu menhamburkan uang manakala perjalanan Anda baru saja dimulai.

4Jangan Pernah Mengeluh

Jika penerbangan Anda terlambat, usahakan untuk tetap tenang dan jangan mengeluh. Percayalah, mengeluh bukan menyelesaikan masalah. Hal itu justru semakin membuat mood Anda berantakan sampai di tempat tujuan sekalipun. Percaya bahwa Anda dan keluarga akan tiba di tempat tujuan wisata tersebut.

5Buat Plan B

Dibiasakan untuk selalu membuat dua rencana atau bahkan tiga sampai empat rencana jika rencana pertama Anda gagal. Hal ini untuk menutup kemungkinan ada hal-hal yang tidak berjalan sesuai rencana yang telah Anda buat.

6Tarik Nafas Dalam-dalam dan Banyak Minum Air Putih

Tak selamanya perjalanan membuat Anda senang. Kadang ad ahal yang mengganggu seperti tangis bayi di dalam penerbangan, atau suasana gaduh di Bandara. Lebih baik Anda membuat diri sendiri rileks, dibanding harus menanggapi kekacauan tersebut. Tarik nafas dalam dalam dan biasakan banyak minum air putih untuk menenangkan perasaan.