Tips cara liburan yang hemat ke Singapore

59
Hello Traveler, bagi anda yang memiliki rencana untuk liburan murah dan berwisata yang hemat ke negara Singapura, berikut ini  ada beberapa panduan berwisata untuk anda yang ingin liburan ke Singapura dengan hemat :

1. Alternatif menarik mengunakan Feri dari Pulau Batam
Jika ingin berlibur di Singapura alternatif terbaik via  jalur laut dari Batam. Karena di Batam kita bisa sekalian mengunjungi beberapa tempat wisata menarik di Batam seperti Balerang, Pantai Nongsa, Kampung Vietnam, Pulau Bintan, Vihara Sungai Panas, dan juga mencoba kuliner sea food.Via perjalanan laut kita bisa hemat biaya fiskal karena biaya fiskal lewat jalur laut lebih murah daripada jalur udara.Sebelum berangkat  jangan lupa menukarkan mata uang Singapore Dollar.

2. Mengunakan tas ransel dan membawa air minum

Lebih baik kalau kita membawa persediaan air minum yang bisa di beli di Batam karena harga air minum di Singapore lebih mahal dan disarankan membawa payung. Jangan sampai teriknya matahari dan hujan menghalangi tujuan kita untuk mengunjungi tempat wisata menarik di Singapore. Agar kita nyaman berjalan-jalan di Singapore, sebaiknya kita memakai tas punggung. Tas ini bisa kita gunakan untuk membawa air minum, payung dan juga beberapa oleh – oleh yang kita beli selama berjalan – jalan.

3. Mencari  peta wisata di Harbour Front atau Changi Airport

Setelah tiba di pelabuhan Singapore ( Harbour Front ) atau di Changi Airport ambil semua brosur tentang pariwisata dan peta wisata di Singapore. Simpan dan pelajarilah peta wisata dengan cermat. Kalau bisa sebaiknya kita mengambil setidaknya dua brosur peta sebagai cadangan jika peta yang kita pegang hilang . Peta Singapore mudah dipelajari biasanya peta tersebut juga ada informasi mengenai tempat-tempat menarik apa saja yang bisa dikunjungi untuk liburan.

4.  Tips menggunakan MRT dan Bus sebagai alat transportasi

Selama di Singapore disarankan untuk menggunakan MRT dan juga bus. Jangan takut, kita tidak akan tersesat, karena info jalur MRT dan jalur bus sangat detail dan mudah dipahami. Info jalur MRT juga bisa didapat di peta wisata Singapore. Ketika kita menggunakan MRT dan bus, kebersihan, ketertiban, keamanan, dan juga ketepatan waktunya sangat memuaskan.Sehingga nyaman dan aman untuk menggunakan MRT, kita bisa membeli tiket MRT melalui MRT Ticketing Machine. Penggunaan mesin ini pun sangat mudah, kita tinggal tentukan stasiun tujuan kemudian kita akan diminta untuk memasukkan sejumlah uang dan bila jumlahnya benar maka mesin akan mengeluarkan tiket. Bila uang yang kita masukkan berlebih makan mesin juga akan mengeluarkan uang kembaliannya. Tiket MRT yang digunakan menerapkan pasive RFID Module.Di Singapore ada 3 jalur MRT, yang pertama NE (North East) dengan penanda jalur berwarna ungu, NS (Nort South) dengan penanda jalur perwarna merah, dan EW (East West) dengan penanda jalur berwarna hijau. Selama di Singapore, bagi kita yang berlibur sebagai wisatawan akan banyak menggunakan jalur NE dan NS untuk mengunjungi tempat-tempat wisata menarik.

5. Tips mencari Hostel atau Apartemen untuk menginap

Selama di Singapore di sarankan jangan menginap di Hotel karena biayanya lumayan mahal dikarenakan selama di Singapore kita akan sering di luar hotel. Kurang lebih selama jam 9 pagi sampai jam 9 malam kita akan berada di jalan, sehingga menyewa salah satu kamar apatemen maupun hostel cocok untuk dipilih.Kita bisa ke Chinatown maupun di Bugis Street. Di People’s Park banyak  yang menyewakan kamarnya untuk wisatawan dan tentunya biaya murah.Setidaknya sisa biaya tersebut bisa kita gunakan untuk membeli oleh-oleh.

6. Obyek Tempat Wisata di Singapura
Berikut ini beberapa obyek wisata menarik yang bisa kita kunjungi selama di Singapore

Botanical Garden

Bagi pecinta tanaman pasti akan sangat menikmati keindahan Botanical Garden. Di sini kita bisa menemui berbagai macam jenis tanaman. Salah satu tanaman yang menjadi unggulan di sini tanaman Anggrek. Di Botanical Garden ini banyak sekali dilakukan penelitian dan juga perkawinan silang untuk menghasilkan varian anggrek yang baru. Areal Botanical Garden sendiri lumayan luas, tapi kita tidak perlu khawatir karena di Botanical Garden kita bisa mendapati beberapa titik untuk duduk-duduk dan juga untuk minum. Di sini air minum disediakan gratis kita juga bisa merefill botol minuman.

Orchard Road

Orchard Road merupakan jalan yang dipenuhi dengan mall dan beberapa atraksi jalan. Jalannya lumayan panjang. Sepanjang jalan kita bisa menemui banyak sekali ornamen-ornamen menarik untuk berfoto.

Marlion

Ini tempat yang wajib kita kunjungi ketika ke Singapore. Marlion adalah patung singa air lambang negara Singapore. Marlion terletak di daerah City Hall. Setidaknya kita harus berfoto di sini untuk menandakan pernah mengunjungi Singapore.

Esplanade

Esplane merupakan galeri seni yang berlokasi di daerah City Hall. Lokasinya berdekatan dengan Marlion. Di sini kita bisa melihat beberapa pameran seni dan terkadang juga ada beberapa pertunjukkan.

Sentosa Island

Sentosa merupakan sebuah pulau yang memang dikembangkan oleh pemerintah Singapore untuk wisata. Untuk menyebrang ke pulau ini kita bisa menggunakan Monorel Sentosa Express. Stasiun terletak di Vivo City Harbour Front. Di Sentosa ada beberapa atraksi yang bisa kita ikuti ada SkyRider,  Image of Singapore, Fort Siloso, Carlsberg Tower, Song of The Sea, Luge,  dan beberapa aktifitas lainnya.

Sri Mariaman Temple

Kuil Hindu ini terletak di daerah Chinatown. Kita boleh memasuki kuil ini dan mengambil beberapa foto . Ketika memasuki kuil ini kita harus menanggalkan alas kaki.

Bugis Junction
Di sini kita bisa mendapati banyak pertokoan dan di antaranya menjual sovenir.Disini ada permainan air mancur yang cukup unik.

Singapore River

Singapore River merupakan sungai yang lokasinya di daerah City Hall. kita bisa menyewa boat untuk menelusuri sungai. Waktu yang dibutuhkan untuk menelusuri sungai ini kurang lebih sekitar 30 menit. Selama menelusuri sungai kita bisa menikmati keindahan Singapore dan memfoto pemandangan Singapore dari tepi sungai. Perjalanan kapal ini akan melewati Marlion. Sambil menikmati perjalanan kita akan diberi penjelasan oleh guide tentang sungai ini dan sekilas mengenai sejarah beberapa jembatan yang melintas di sungai ini.