Tips bepergian untuk para muslim

44

Bepergian ke berbagai tempat bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan, tetapi juga merepotkan bagi para muslim. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan, terutama adalah mental, ketika para muslim ingin bepergian ke luar negeri. Namun, jangan terburu-buru membatalkan perjalanan Anda. Simak dulu beberapa tips bepergian untuk para muslim yang diberikan oleh situs Halal Trip berikut ini.

1. Bawaan yang ringan
Jangan membawa semua baju favorit Anda atau semua alat make up yang berjejer di kamar mandi dan meja rias. Bisa-bisa Anda tenggelam dalam barang bawaan Anda yang terlalu banyak. CUkup bawa pakaian secukupnya dan yang paling Anda butuhkan. Sesuaikan juga dengan cuaca dan keadaan tempat yang akan Anda datangi. Jangan lupa untuk membawa benda-benda penting seperti obat-obatan, paspor, tiket pesawat, dan uang.

2. Cek lagi barang bawaan Anda
Sebelum mengemasi semuanya, cek sekali lagi barang-barang yang Anda bawa. Mungkin saja ada hal-hal yang tidak diperlukan. Jangan bawa benda tajam atau terlihat berbahaya jika Anda tak ingin mendapat kesulitan saat pemeriksaan keamanan di bandara. Keluarkan barang-barang yang bisa membuat Anda diinterogasi dalam waktu yang lama oleh pihak bandara.

3. Siapkan VISA
Jika Anda akan bepergian ke luar negeri, maka pastikan Anda memiliki VISA. Jika Anda tak tahu dan tak yakin VISA apa yang harus Anda urus, datangi saja pihak kedutaan besar negara tersebut di negara Anda untuk meminta informasi mengenai VISA apa yang bisa digunakan di sana.

4. Mendapatkan makanan halal di pesawat
Jangan malu untuk bertanya apakah pesawat menyediakan makanan yang halal. Jika pesawat tak menyediakannya, maka lebih baik Anda sudah menyiapkan makanan untuk Anda bawa dari rumah. Anda bisa membuat sandwich atau minuman untuk bekal di pesawat.

Baca juga:  Yuk, Cek Fasilitas Yang Ada di Bandara SMB II Palembang

5. Perlengkapan wajib muslim
Ini adalah hal penting yang tak boleh dilupakan leh para muslim sebelum bepergian. Jika Anda bepergian ke luar negeri, maka pastikan Anda selalu memiliki informasi mengenai waktu sholat pada negara atau wilayah yang Anda kunjungi. Jangan lupa membawa kompas untuk menunjukkan letak kiblat. Bawa juga peralatan sholat, seperti mukena atau sajadah.

Liburan dan perjalanan panjang untuk menjelajah berbagai macam negara dan kebudayaan memang menyenangkan. Namun pastikan kegiatan tersebut tak menghalangi Anda untuk berbibadah.

[kun]
Previous articleJangan lakukan 5 hal ini saat di pesawat!
Next articleJatim Park 1, Kota Batu, Jawa Timur