Mengatasi Jetlag tidak hanya pada saat penerbangan. Kita harus melakukan beberapa langkah tindakan sebelum, selama dan setelah penerbangan.

Berikut tips yang harus dilakukan untuk menghindari Jetlag naik pesawa :

Sebelum keberangkatan

  • Tingkatkan jadwal harian

Beberapa persiapan harus dilakukan sebelum keberangkatan untuk mengindari jetlag. Pertama, beberapa hari sebelum perjalanan, cobalah secara bertahap meningkatkan jadwal harian untuk membantu tubuh mempersiapkan diri untuk zona waktu yang baru.

  • Mulai dengan satu jam per hari

Meningkatkan jadwal harian tidak boleh sembarangan, karena bisa berakibat kelelahan. Tetapi, mulailah dengan 30 sampai 60 menit secara bertahap setiap hari. Hal ini akan mengurangi waktu istirahat yang dibutuhkan ketika tiba di tempat tujuan.

  • Cermat pilih waktu penerbangan

Sebagian besar orang memilih waktu penerbangan pagi hari. Tetapi, mengambil penerbangan di malam hari merupakan cara terbaik menghindari jetlag, karena meniru jadwal normal aktivitas harian kita.

  • Persiapkan barang dengan baik

Salah satu penyebab jetlag adalah stres. Karenanya, persiapkanlah barang-barang yang dibawa dengan baik, karena jika tertinggal bisa menyebabkan stres atau cemas berlebihan.

 

Selama penerbangan

  • Tetep terhidrasi

Air adalah kunci terpenting untuk menghindari jetlag, karena membantu tubuh tetap terhidrasi. Oleh karenanya, kita harus menghindari minuman beralkohol dan kafein yang bisa menyebabkan dehidrasi.

  • Pompa tekanan darah

Semakin lama kita duduk, maka tubuh akan terasa kian mual. Oleh karenanya, lakukan latihan ringan di pesawat, seperti berjalan-jalan di kabin atau lakukan peregangan. Hal ini akan melancarkan peredaran darah dan pernapasan, sehingga mengurangi rasa mual dan lebih bertenaga.

 

Setibanya di kota tujuan

  • Terpapar sinar matahari alami

Jangan menghindari sinar matahari setibanya di kota tujuan. Cobolah untuk beberapa saat berjemur agar terpapar sinar matahari setelah tiba di kota tujuan, karena membantu tubuh menyesuaikan diri dengan cepat.

  • Usahakan pertahankan jumlah jam tidur

Setibanya di kota tujuan, usahakan untuk mempertahankan jumlah jam tidur normal. Jika tiba sebelum pukul 12.00 waktu setempat, cobalah tetap terjaga, menahan diri untuk tidak tergoda tidur siang. Hal ini akan menghindari perubahan jam tidur di zona waktu yang baru.

Sumber