Telinga Berdengung Saat di Pesawat Terbang? Begini Cara Mengatasinya

41

Saat Anda berada didalam perjalanan pesawat terbang yang sedang berada di udara, mungkin telinga sering mengalami dengungan yang mengganggu sehingga menyebabkan rasa nyeri. Kondisi ini tentunya juga bisa mengganggu kenyamanan saat berada di dalam pesawat.

Dokter spesialis THT dari Rumah Sakit Khusus THT-Bedah KL Proklamasi, Zainul Djaafar menjelaskan, kondisi telinga berdengung ini umumnya terjadi karena ada perbedaan tekanan udara ketika pesawat mulai berada di udara.

Untuk menghilangkan dengung di telinga tersebut, Djaafar menyarankan untuk mengunyah permen karet selama perjalanan di udara. Air liur yang ditelan saat mengunyah dapat membantu menghilangkan dengung di telinga.

“Bila sedang flu, sebaiknya gunakan alat semprot hidung 30 menit sebelum terbang untuk melegakan saluran hidung. Karena kalau flu dan terjadi perubahan tekanan udara secara tiba-tiba, gendang telinga bisa rusak dan bisa sampai mengeluarkan darah,” kata Zainul Djaafar di acara SOHO #BetterU di Jakarta, Kamis (5/3).

Bila keluhan ini terus berlanjut dalam waktu lama, Djaafar menyarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter THT (telinga, hidung, dan tenggorokan).

“Tekanan udara yang terlalu tinggi juga bisa merobek gendang telinga. Jadi sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter THT bila keluhan selama di pesawat itu terus berlanjut,” saran Djaafar.

Sumber

Baca juga:  Seru! Ada Pameran Ular di Indofest 2016
Previous articleKeindahan Barat Daya Namlea
Next articleTiga Tahun Sekali Izin Usaha Maskapai Akan Dievaluasi