PT. Jasa Angkasa Semesta, Tbk (JAS) bersama-sama dengan PT. Tria Avia Papua (TripAvia) melaksanakan penanda tanganan kerja sama dalam acara peluncuran “Lounge Umroh” yang disaksikan oleh Asosiasi Penyelenggara Haji-Umroh In-Bound Indonesia (Asphurindo).
Acara launching “Lounge Umroh” dihadiri oleh H. Muhadjirin Yunus (Kementerian Agama Dirjen Haji Plus dan Umroh); H. Syahrul Tahir (PT TripAvia); H. Syam Resfiadi (Asphurindo) dan Adji Gunawan (Dirut JAS Airport Services) serta Asosiasi Haji lainnya.
- Syahrul Tahir, Dirut PT. TripAvia yang mengelola layanan ‘end to end’ Lounge Umroh mengatakan tujuan pendirian Lounge Umroh ini untuk memperlancar proses kedatangan dan keberangkatan penumpang di Bandara Soetta. Ini merupakan layanan satu pintu yang disiapkan Asosiasi untuk para anggotanya.
Memang dari 4 Asosiasi Haji-Umroh di Indonesia, Asphurindo merupakan salah satu Asosiasi yang memiliki 142 anggota, termasuk PT. TripAvia.
Terkait peluncuran ini, JAS mendukung operasional “Lounge Umroh” yang berlokasi di Bandara Hotel (ex-Hotel Sheraton) lewat layanan perusahaan yang dinamakan Airport Special Assistance (ASA).
Beberapa dukungan yang diberikan JAS di antaranya:
- ASA mengurus proses pre check-in, di mana dokumen perjalanan akan diberikan oleh panitia sehari sebelumnya.
- Penyiapan bagasi penumpang untuk selanjutnya dilakukan proses check in bagasi. Sebelumnya dilakukan verifikasi bagasi agar tidak tertukar.
- Penyiapan boarding pass bagi seluruh penumpang sehingga antrian dapat dikurangi.
- Petugas ASA juga akan mengantar seluruh peserta umroh sampai ke boarding gate.
Setelah usai menanda tangani MoU dengan PT. TripAvia, Adji Gunawan selaku Dirut JAS Airport Services mengatakan bersyukur dipercaya oleh PT. TripAvia dan Asphurindo.
“Harapan kami agar penumpang bisa beribadah dengan baik dan layanan ASA yang ada akan membantu memudahkan proses check in penumpang.”