Sydney Punya Pasar Kaget, Dari Perhiasan Sampai Jagung Rebus

91

Sydney – Setiap akhir pekan, kawasan The Rocks di Sydney, Australia riuh rendah. Beberapa jalan jadi pasar kaget. Barang dagangannya macam-macam. Mulai dari perhiasan hingga jagung rebus. Wisatawan wajib mampir.

Pekan lalu, detikTravel bersama rombongan dari Indonesia berkunjung ke kawasan yang berada di dekat pelabuhan dan Sydney Harbour Bridge tersebut. Kami ditemani Margot Cuthill, perwakilan Destination New South Wales, biro pariwisata Negara Bagian New South Wales.

Cuaca sedikit mendung. Sinar matahari sesekali menerpa, lalu hilang terhalang awan. Suhu berkisar 10-15 celcius. Dinginnya agak menusuk saat angin laut berembus. Maklum, Australia sedang musim dingin saat ini.

Kawasan The Rocks mirip kota tua Jakarta. Di sinilah cikal bakal kota metropolitan Sydney. Bangunan-bangunan berumur ratusan tahun berdiri gagah. Hampir semuanya bercat merah bata dan krem. Di sisinya terdapat satu dua pohon menjulang dengan daun yang tak rimbun.

Saat kami datang, sekitar pukul 12.20 waktu setempat, suasana cukup ramai. Ratusan orang lalang lalang dengan leluasa. Tak perlu berhimpitan karena akses cukup lebar dan banyak. Penduduk lokal lebih dominan dibanding turis.

Meski sifatnya pasar kaget, struktur PKL tampak rapi. Tidak ada yang asal buka lapak. Sebagian besar di antaranya dinaungi tenda besar berwarna putih, hanya beberapa yang berjualan di tempat terbuka. Pedagang aksesoris dan suvenir berada di titik tertentu. Pedagang makanan di titik lainnya.

Harga barang di pasar dadakan ini jelas relatif lebih murah beberapa dolar dibanding toko. Tapi jika dirupiahkan, bisa dibilang harganya agak mahal. Bumerang misalnya, dibanderal dengan harga AUD 35 atau setara dengan Rp 400-an ribu. Perhiasan berupa permata dan mutiara dijual seharga AUD 20-45. Karena namanya pasar, tentu saja tidak diharamkan tawar-menawar. Apalagi jika ingin membeli lebih dari satu. Jatuhnya lebih murah

Baca juga:  Did you know today is the 495th anniversary of Indonesia's capital city, Jakarta...

 

 

Sumber: http://travel.detik.com/read/2014/06/23/082051/2615858/1520/sydney-punya-pasar-kaget-dari-perhiasan-sampai-jagung-rebus?v9922021381

Previous articleSushi Segar Jepang Ternyata Berasal dari Pasar Sebersih Ini
Next articleIni dia enaknya jadi orang Indonesia!