Saat musim panas, taman ini akan berubah jadi danau cantik

144

Pemandangan di dasar danau ini tampak seperti kota yang tenggelam, bukan? Inilah Gruner See, berasal dari bahasa Jerman yang secara harfiah berarti ‘danau hijau’. Menurut Amusing Planet, Gruner See adalah sebuah danau yang terletak di Styria, dekat kota Tragoss, Austria. Danau ini terletak di kaki pegunungan Hochschwab yang senantiasa tertutup salju. Selama musim dingin, danau ini dalamnya hanya 1-2 meter dan area sekitarnya dijadikan taman umum. Tempat ini adalah situs favorit khusus bagi para pendaki dan pejalan kaki.

Tetapi ketika suhu di wilayah pegunungan itu mulai meningkat pada musim semi, es dan salju di puncak gunung pun mencair dan mengalir ke tanah di bawahnya hingga mencapai cekungan danau Gruner See. Akibatnya air danau meluap hingga menelan seluruh wilayah taman. Selama musim panas, kedalaman danau bisa mencapai 12 meter, menawarkan pemandangan yang sangat indah, baik di permukaan maupun di dasar lautnya.

4353

Photo by Flickr via Amusing Planet

65464

Photo by Flickr via Amusing Planet

54353

Photo by Flickr via Amusing Planet

Saat musim semi dan panas area sekitar danau dipenuhi warna hijau yang khas, berkat rumput dan dedaunan di dasar danau serta air lelehan salju yang sangat jernih, sehingga dari kejauhan tampak seperti air berwarna hijau kebiruan. Suhu danau memang agak dingin, berkisar 4 derajat sampai 8 derajat Celcius, namun dasar danau itu justru populer di kalangan penyelam yang biasanya senang mengamati padang rumput hijau yang tenggelam. Rumput alpine dan bunga padang rumput terlihat mekar sempurna di dasar laut. Penyelam bahkan dapat melihat bangku-bangku, jembatan dan jalan setapaknya.

rerw

Photo by Flickr via Amusing Planet

Tetapi begitu memasuki bulan Juli, air danau mulai surut kembali, dan dengan datangnya musim dingin, danau ini akan kembali ke ukuran aslinya dan taman yang tenggelam itu akan muncul ke permukaan kembali.

[tsr]
Baca juga:  Melihat Lebih Dekat Raja Ampat
Previous articleDaftar Oleh-oleh Wajib Beli di Korea Selatan
Next articlePentagon rela bayar ribuan triliun untuk helikopter super baru