Renovasi Bandara Halim Selesai Desember

180

TEMPO.COJakarta – Angkasa Pura II telah menyiapkan sejumlah dana untuk biaya renovasi terminal Bandar Udara Halim Perdanakusuma tahun ini, Senin, 25 November 2013. Renovasi itu untuk persiapan pembukaan Bandara Halim bagi penerbangan sipil pada awal Januari 2014. Direktur Angkasa Pura II Tri Sunoko mengatakan proses renovasi terminal sedang berlangsung, diharapkan awal Januari 2014 bisa digunakan. “Renovasi ini dimulai sejak awal Oktober dan diharapkan minggu ketiga Desember sudah selesai pengerjaannya,” ujarnya.

Berdasarkan rencana kerja revitalisasi terminal penumpang yang dirilis PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Halim Perdanakusuma, selain pembuatan loket tiket, disiapkan pula penataan areal parkir kendaraan serta perluasan ruang tunggu. Ruang tunggu mampu menampung tiga penerbangan atau 600 penumpang per jam. Fasilitas lain seperti pintu masuk areal pelaporan, kamera pemantau (CCTV), alarm kebakaran, dan papan informasi penerbangan juga dimaksimalkan.

Bandara Halim sebelumnya merupakan bandara yang digunakan untuk kepentingan militer. Bandara ini hanya memiliki satu landasan pacu tanpa jalur pemberangkatan yang paralel. Selain itu, bandara yang diresmikan Presiden Soeharto pada 10 Januari 1974 itu mempunyai banyak penerbangan pribadi dan VIP. Bandara ini baru beroperasi 16 jam sehari. Halim juga hanya dapat menampung 14 pesawat Boeing 737-400 di apron.

Sampai saat ini, Bandara Halim Perdanakusuma belum melayani penerbangan komersial. Bandara ini melayani penerbangan carter, sekolah penerbangan, jemaah haji, penerbangan pribadi dan VIP, layanan kargo. Rencananya pada Januari 2014, Bandar Udara Halim Perdanakusuma akan dioptimalkan untuk menampung sejumlah penerbangan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Pengalihan ini dilakukan menyusul kepadatan di bandara itu yang dikeluhkan sejumlah maskapai.

GALVAN YUDISTIRA