China Bakal Bangun Terminal Bandara Terbesar

214

BEIJING – Bandar Udara Internasional Shanghai Pudong akan menjadi bandara dengan terminal satelit dunia terbesar. Rencananya, bandara tersebut akan mulai dibangun pada 2014.

Proyek ini, diperkirakan akan berjalan selama empat tahun, dan mampu menampung 105 pesawat. Melansir Forbes, Sabtu (23/11/2013), Shanghai Airport Authority mengatakan, belum dapat memaparkan biaya konstruksi belum. Pasalnya, penawaran tender belum berlangsung, dan pemerintah belum menerbitkan perkiraan biaya.

Presiden bandara Shanghai Pudong Li Derun mengatakan, terminal akan dibagi menjadi terminal S1 dan S2 dan terhubung ke selatan terminal T1 dan T2.

Nantinya, terminal ini akan mampu menangani 30 juta penumpang . Saat ini, terminal tersebut memiliki 70 gerbang, dengan 28 gerbang di T1 dan 42 gerbang di T2 . Sayangnya, terminal ini tidak lagi cukup untuk melayani permintaan perjalanan udara di Shanghai.

Bandara Pudong diharapkan untuk menangani 80 juta penumpang per tahun pada 2018. Pudong melayani total 40,5 juta penumpang pada 2010, menjadikannya tersibuk ketiga di China daratan dan ke-20 bandara tersibuk di dunia .

Bandara pertama yang menggunakan terminal satelit adalah Gatwick London. Bandara lain dengan terminal satelit termasuk Logan International di Boston

Baca juga:  Penerbangan Terganggu Pasca Salju Tebal Yang Melanda Eropa
Previous articleRenovasi Bandara Halim Selesai Desember
Next articleKepulauan Mentawai : Surganya Peselancar dan Budaya Masyarakat Neolitikum
Tim Airport.id
Kami hadirkan beragam informasi dunia penerbangan dan pariwisata