Pintu M1 Bandara Soetta Ditutup, Rute Dialihkan Bertahap

266

Jakarta: Otoritas Bandar Udara Soekarno-Hatta mengenalkan rute pengalihan pintu M1 dengan sistem buka-tutup mulai, Kamis (26/12). “Ditutup jam 09.00 – 11.00 lalu pukul 14.00 – 16.00,” kata Airport Safety And Security Senior Manager Naib Basri Setiawan kepada Metrotvnews.com.

Tahap pengenalan buat memperkenalkan dan membiasakan. Menurut Naib, pengenalan rute dan pengalihan M1 dilakukan bertahap, sesuai hasil evaluasi dalam beberapa hari. “Tak hanya dua bahkan tiga jam atau bisa tutup total satu bulan. Ya tiga minggu sampai satu bulan,” jelas Naib.

Selama pengalihan pintu MI, tak hanya kendaraan dari luar yang tidak bisa masuk. Kendaraan dari dalam pun tak bisa keluar. Menurut Naib, sejauh ini pengalihan M1 serta pengenalan rute berjalan lancar.

Jalur alternatif yang tersedia bagi pengendara dari Tangerang ke Bandara bisa melewati Jalan Pembangunan menuju Husen Sastra – Jalan Negara – Peta Barat (akses Bandara ke Kalideres-Red). Masuk Rawa Bokor lalu ke Bandara. “Begitu arah sebaliknya,” terang Naib.

Naib menambahkan, khusus pejalan kaki bisa memanfaatkan fasilitas ojeg yang banyak mangkal di pintu masuk selatan. Jaraknya sekitar 100 meter dari gerbang.

Dalam Undang-Undang tentang Penerbangan, yakni UU No. 1 Tahun 2009 menyebutkan ada empat wilayah di areal bandara. Pertama, daerah publik (depan terminal, parkiran). Kedua, daerah keamanan. Ketiga, daerah kemanan terbatas. Keempa, daerah steril.

“Jalan ini (M1) daerah kemanan terbatas,” ungkap Naib.

Sumber: http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/12/26/5/203781/Pengenalan-Rute-dan-Pengalihan-M1-Bertahap

Baca juga:  2014 Bandara Sumarorong direncanakan melayani rute Mamuju dan Makassar
Previous articleMusim Liburan, Bandara SSK Pekanbaru ‘Banjir’ Penumpang
Next articleJalan Masuk M1 Bandara Diberlakukan Buka Tutup