Permudah Akses Wisatawan, Garuda Buka Rute ke Silangit

86
Maskapai Nasional Garuda Indonesia memastikan akan membuka rute Jakarta-Bandara Silangit, Sumatera Utara pulang pergi.

Garuda Indonesia memastikan akan membuka rute Jakarta-Bandara Silangit, Sumatera Utara. Pembukaan rute pulang-pergi ini rencananya dimulai pada 23 Maret 2016.

“Ini termasuk kabar gembira, impian kita terwujud, kita promosikan dan dukung secara bersama-sama karena ini merupakan upaya percepatan pengembangan Danau Toba sebagai Monaco Asia sehingga secara otomatis masyarakat di sekitar Danau Toba akan maju dan sejahtera,” kata Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan saat penandatanganan perjanjian dengan Garuda Indonsia di rumah dinas Tapanuli Utara, belum lama ini.

Penandatanganan ini dihadiri pula para pimpinan daerah lain seperti, Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, Bupati Tobasa Darwin Siagian dan Bupati Samosir Rapiddin Simbolon serta perwakilan Garuda Indonesia, Syamsuddin.

Lebih lanjut, Nikson mengatakan keputusan Garuda Indonesia yang membuka penerbangan seminggu tiga kali dengan rute Jakarta-Silangit ini akan berdampak baik untuk semua wilayah yang berkaitan dengan Danau Toba.

”Karena ini sesuai dengan instruksi bapak Presiden yang mendukung pengembangan Bandara Silangit menjadi Bandara Internasional,” katanya.
Langkah Garuda ini sebagai tindak lanjut Rapat Terbatas (Ratas) Percepatan Kawasan Danau Toba yang dipimpin Presiden Joko Widodo dan dimoderatori Menpar Arief Yahya. Akses melalui Silangit adalah solusi cepat atas jalur darat dari Kualanamu-Parapat yang masih 4-5 jam. Jika turun Silangit bisa menghemat 2-3 jam sehingga dari bandara turun ke Toba hanya 1-2 jam saja.

Bandara Silangit memang sudah dipersiapkan sejak tahun lalu untuk menjadi bandara internasional. Landasan bandara tersebut mengalami perpanjangan menjadi 2.650 meter dan lebarnya 40 meter dan bisa menyambut pesawat besar jenis Boeing 737. Danau Toba adalah salah satu dari 10 destinasi wisata prioritas.

Baca juga:  Garuda Pindahkan Layanan Pembelian Tiket ke Sheraton Hotel
Previous articleThe 6Th Music Gallery is Back!
Next articleBandara Tanah Air Butuh Jaringan Rel KA