Breaking News

Penyebab Pintu Darurat Pesawat Terbuka

Pintu darurat didalam pesawat terbang hanya boleh dibuka dalam keadaan darurat. Namun, beberapa kasus ada yang hampir terbuka di tengah penerbangan.

Meski terbukanya pintu darurat hampir bisa dibilang mustahil, berikut penjelasan pilot tentang terbukanya pintu darurat di tengah penerbangan :

Tekanan udara mengunci pintu

Pintu keluar darurat di pesawat dirancang khusus untuk menutup ketika terjadi perbedaan tekanan udara di dalam dan luar. Pintu itu aktif segera setelah mesin dihidupkan dan udara di kabin memiliki tekanan. Sedikit tekanan kabin bisa membuat pintu darurat terkunci.

Membuka pintu darurat butuh tenaga besar

Pintu darurat dirancang menutup ke arah keluar, yang artinya tekanan udara di dalam pesawat lebih besar dari di luar. Sehingga hampir tidak mungkin pintu darurat terbuka begitu saja karena membutuhkan tenaga yang sangat besar. Mungkin Anda membutuhkan tenaga dari sekumpulan orang yang jika dijumlahkan, bobotnya setara dengan 500 kilogram.

Tekanan udara kabin menurun

Jika pintu darurat memang terbuka di tengah penerbangan, tekanan udara di kabin akan berkurang. Itu berarti masker udara akan turun di hadapan Anda dan Anda harus segera menggunakannya.

Anda punya waktu 15 detik

Jika tekanan udara di kabin berkurang, Anda hanya memiliki waktu 15 detik untuk memasang masker udara pada wajah. Jika lewat dari 15 detik, Anda akan pusing, berkunang-kunang dan kemudian pingsan. Dan Anda harus mengencangkan sabuk keselamatan dengan segera. Dalam beberapa saat, pilot akan menurunkan ketinggian hingga mencapai tekanan udara yang tepat.

 

Sumber

Tentang Endras Siwi

Lihat juga

Jakarta Jadi Kota Pertama di Asia Tenggara yang Dikunjungi Boyzlife

Siapa yang tidak kenal dengan Brian McFadden yang merupakan mantan personil boyband Westlife dan Keith …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *