Pembangunan Kereta Bandara Segera Dimulai, Pintu M1 Soekarno-Hatta akan Ditutup

60

Jakarta – Pintu M1 Bandara Soekarno-Hatta dihancurkan untuk pembangunan rel kereta api bandara. Pintu tersebut akan ditutup permanen selama pembangunan hingga beroperasinya kereta bandara.

“Pintu M1 akan ditutup permanen untuk pembangunan jalur kereta. Jalan ini dibongkar habis,” kata Senior GM PT Angkasa Pura II Bandara Soekarno-Hatta Bram Bharoto Tjiptadi di kantornya, Kompleks Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten, Jumat (20/12/2013).

Pembangunan stasiun dan rel yang menggantikan akses M1 ini akan dimulai pada awal Januari 2014. Pengerjaannya memakan waktu selama 10 bulan dengan alokasi anggaran sebesar Rp 170 miliar. PT KAI menjadi penanggungjawab proyek tersebut.

“Sehingga kami juga akan merelokasi akses jalan M1,” kata Bram.

Relokasi akses atau pengalihan arus lalu lintas itu akan menggunakan jalan perimeter utara dan selatan. Kedua jalan ini adalah ‘restricted public area’ yang memiliki panjang 6,5 km dengan lebar 6,5 meter.

“Bus dan truk tidak bisa melintasi kedua jalan ini karena di pintu masuknya ada portal setinggi 2,5 meter,” ujar Bram.

Uji coba akan dilakukan dengan jalur sebagai berikut:

1. Dari arah Tangerang ke Bandara melalui jalan perimeter selatan. Jl Surya Darma-Jl Perimeter Selatan-Jl Husein Sastranegara-Jl P1 Bandara.

2. Dari Bandara ke Tangerang. Jl P2 Bandara-Jl Perimeter Utara-Jl Surya Darma.

3. Tangerang ke Jakarta via Bandara. Jl Surya Darma/Jl Daan Mogot-Jl Pembangunan III-Jl Djuanda-Jl Garuda-Jl Halim Perdanakusuma-Jl Husein Sastranegara-Jl Tol Sedyatmo.

4. Tangerang menuju Jakarta via Bandara. Jl Tol Sedyatmo-exit Tol Rawa Bokor-Jl Husein Sastranegara-Jl Halim Perdanakusuma-Jl Garuda-Jl Djuanda-Jl Pembangunan III-Jl Surya Darma/Jl Daan Mogot.

“Persentase masyarakat yang menuju Jakarta itu lebih besar daripada yang tujuannya bandara. Yang ke bandara itu 40 persen dari pengendara yang melintas. Perlu diketahui, ini kita siapkan untuk kebutuhan masing-masing,” ujar Bram.

Penutupan pintu M1 akan dimulai sejak 26 Desember 2013. Sebelumnya, Angkasa Pura bersama Dishub Banten akan melakukan uji coba pengalihan arus pada 23 Desember mendatang.

Sumber: http://news.detik.com/read/2013/12/20/190325/2448206/10/2/pembangunan-kereta-bandara-segera-dimulai-pintu-m1-soekarno-hatta-akan-ditutup