Paspor Seluruh Negara Didesain Mirip, Ini Alasannya

95
Paspor Indonesia

Walau paspor dikeluarkan oleh masing-masing negara. Namun, paspor seluruh negara didesain mirip, ini alasannya airporters!

Didalam catatan digital situs PBB Jenewa, ada kesepakatan soal desain paspor seluruh negara di Prancis pada Oktober 1920.

Untuk pertama kalinya, para anggota Liga Bangsa Bangsa (PBB) sepakat untuk membuat sebuah identitas bersama bernama paspor untuk 42 negara anggotanya kala itu.

Terobosan itu pun diambil oleh para anggota Liga Bangsa Bangsa sebagai bentuk kontrol keamanan antar batas negara. Langkah itu pun diambil sebagai dampak dari Perang Dunia I yang terjadi di Eropa saat itu.

Disepakati, kalau sebuah paspor harus memiliki ukuran 15,5 cm x 10,5 cm. Di dalamnya harus ada 32 halaman, di mana empat halaman pertama menjelaskan tentang foto diri sang pemegang paspor beserta detil personal. Sementara 28 halaman sisanya didedikasikan untuk visa.

Halaman depan sebuah paspor pun harus memiliki lambang serta nama suatu negara. Syarat dari sebuah paspor ideal sesuai dengan kesepakatan Liga Bangsa Bangsa.

Kini, segala hal teknis terkait desain paspor telah diatur oleh Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) PBB. Namun faktanya, desain paspor yang ada tetap sama dan tidak berubah selama hampir 100 tahun.

Namun secara teknologi, paspor yang ada telah mengalami inovasi berupa hologram, watermarks hingga chip elektronik untuk e-Paspor

Baca juga:  Bandara Haluoleo Jadi Pintu Masuk Wisata Kendari
Previous articleMengintip Embraer Legacy 500 Milik Jackie Chan
Next articleNam Air Buka Rute Surabaya-Pangkalan Bun