Air laut yang berwarna biru cerah adalah pemandangan yang selalu dirindukan para pejalan. Namun, untuk menggapai pantai yang diimpikan ini tidak mudah karena umumnya ada wilayah Indonesia Timur. Jangan khawatir, pantai seperti itu juga bisa ditemui di kawasan Teluk Lampung.

Letaknya yang berada di tengah-tengah membuat destinasi ini mudah dijangkau, baik dari Pulau Sumatera maupun dari Pulau Jawa. Teluk Lampung mempunyai banyak spot untuk melakukan wisata bahari, seperti bermain di pantai, snorkeling, menyelam, bahkan bermain bersama lumba-lumba.

Sejumlah spot wisata ini masih belum banyak yang mengeksplor karena memang terbilang baru dibuka. Tidak banyak yang tahu kalau Teluk Lampung mempunyai pesona laut seperti di Indonesia Timur. Memang tempat snorkeling dan selamnya mungkin tidak sebagus Raja Ampat, Labuan Bajo, Wakatobi, atau Selayar.

Tempat yang patut dikunjungi untuk menyegarkan diri adalah Pulau Pahawang, Lampung. Liburan di Pulau Pahawang. Spot yang harus Anda kunjungi adalah Taman Nemo, di dekat Pulau Pahawang. Di dekat taman ini juga ada Pulau Pasir Timbul yang menghubungkan Pulau Pahawang Besar dengan Pulau Pahawang Kecil.

Jika laut sedang surut, pulau ini akan timbul berupa hamparan pasir putih. Namun, jika laut sedang pasang, pulau pasir ini menghilang. Di Taman Nemo, beragam ikan warna-warni berenang wira-wiri. Bahkan, ikan badut pun juga banyak ditemukan di Taman Nemo karena di tempat tersebut dibudidayakan terumbu karang hidup.

Terumbu karang, termasuk anemon rumah ikan badut, tidak tumbuh di Taman Nemo. Mereka diambil dari Teluk Kiluan, dan dikembangkan di Pulau Pahawang. Hasilnya, terumbu karang semakin banyak dan ikan-ikan karang pun berkembang biak dengan baik.

Dilansir dari Kompas.com maskapai Garuda Indonesia melayani penerbangan Jakarta-Lampung sebanyak tujuh kali sehari. Belum lagi maskapai penerbangan lain. Jadi akses untuk ke Lampung bisa sangat cepat karena tidak perlu lagi naik kapal feri menyeberang di Merak-Bakauheni.

Jadwal penerbangan Garuda Indonesia yang paling pagi adalah pukul 05.55. Baru 30 menit di udara, pesawat sudah mendarat lagi di Bandara Radin Inten II, Bandar Lampung. Bagi pelancong yang ingin lebih cepat menuju Pahawang bisa memesan mobil dulu melalui internet. Harga sewa mobil cukup terjangkau, antara Rp 700.000 dan Rp 800.000 dari pagi hingga malam.