Naik Kelas dengan “Lifestyle Tourism”

48

Akhir Mei 2014 akan berlangsung perhelatan akbar dan perdana di Jakarta yang mempertemukan praktisi dan pakar fitnes dari berbagai negara. Kegiatan semacam ini dapat dikategorikan lifestyle tourism yang bisa bikin sebuah kota seperti Jakarta, naik kelas.

Kegiatan bertajuk Indonesia Fitness & Health Expo atau IFEX 2014 ini bertujuan memberikan motivasi, mengedukasi, serta menginspirasi untuk lebih aktif bergerak dan bergaya hidup sehat.

Pakar pemasaran yang juga anggota Badan Promosi Pariwisata Indonesia, Hermawan Kertajaya, mengatakan kegiatan semacam ini merupakan bentuk lifestyle tourism. Selain bisa menghadirkan pengunjung komunitas penggemar fitnes dari kota atau negara lain, turis bisa menjadi advokat di tempat asalnya karena merasa terhubung dengan kegiatan tersebut.

Event ini akan bikin Jakarta naik kelas. Harus ada keberanian memulai, menarik pengunjung dari dalam dan luar negeri,” tuturnya saat jumpa pers IFEX 2014 di Balai Kartini, Jakarta, Selasa (18/3/2014).

Hermawan menyarankan IFEX atau kegiatan lain yang termasuk lifestyle tourism mulai mengarah pada kebutuhan menggaet hati turis. Berbagai kegiatan pariwisata bukan lagi semata menyenangkan turis selama berada di kota tujuan, atau sekadar menciptakan suasana aman, bersih, nyaman.

Ia menyebut kegiatan semacam ini dengan istilah tourism marketing 3.0. Berbagai kegiatan yang memajukan pariwisata sebaiknya bisa mengaet pelanggan atau dalam hal ini turis, dengan sentuhan personal yang membuat mereka merasa terpenuhi kebutuhannya atau merasa terhubung.


Penulis: Wardah Fajri
Editor: I Made Asdhiana
Baca juga:  10 Pulau Mempesona Bak Surga di Dunia
Previous articleSamsung akan Produksi Layar Retina Display untuk iPad mini 2
Next articleEdy Antoro, Menyulap Batu Menjadi Apel