Kalo kamu pengen menyelami kebudayaan dan sejarah suatu daerah, museum bisa jadi tempat yang tepat untuk kamu tuju. Mungkin kamu langsung mikir: tapi wisata museum kan membosankan? Eit, Tepis dulu anggapanmu itu. Sebaliknya, kamu justru bisa mempelajari banyak hal dan mendapatkan pengalaman nggak terlupakan dengan mengunjungi museum.

Museum adalah hal yang mudah ditemui di setiap kota yang kamu kunjungi. Tapi ternyata, beberapa museum punya konsep unik yang sama sekali berbeda dengan museum-museum lain. Tentu ini sayang banget kalo dilewatkan bila kamu kebetulan sedang mengunjungi kota tempat museum itu berada. Museum-museum apa aja sih yang dimaksud?

1. Museum Bawah Air Cancun, Meksiko

meksikoMuseum Seni Bawah Air Cancun (MUSA – Museo Subacuatico de Arte) yang terletak di Meksiko ini terasa magis dengan lebih dari 500 seni patung yang menyatu dengan biota laut. MUSA sebenarnya adalah organisasi nonprofit yang bekerja melakukan konservasi kelautan. Melihat patung-patung yang membisu di bawah laut ini kayak bersentuhan langsung dengan peradaban yang telah lama tenggelam.

2. Museum Gorong-gorong Paris, Prancis

prancisSebagai kota besar yang punya sejarah panjang, wajar kalo Paris punya tata kota yang luar biasa. Gak cuma di permukaan, Paris juga punya pesona tersendiri di gorong-gorongnya yang rumit dan berliku seperti labirin.

Dengan jaringan terowongan bawah tanah yang luas, wajar kalo sistem gorong-gorong Paris dibuka untuk wisatawan sebagai museum. Kamu bisa menjelajahi museum ini dengan pemandu khusus. Tempatnya juga gak bau seperti yang kamu bayangkan lho.

3. Museum Franz Kafka di Praha, Republik Ceko

cekoFranz Kafka merupakan salah satu penulis paling berpengaruh pada Sastra Eropa Modern, dengan visinya yang gelap dan surealis tentang kehidupan manusia. Museum Franz Kafka di Ceko merefleksikan sebagian tema utama dari hasil kerja sang penulis, dilengkapi dengan dokumen-dokumen surat menyurat Kafka, nukilan diarinya, serta foto-foto pribadinya — yang dikurasi dengan pencahayaan, musik, dan dekorasi yang unik. Kalau kamu pembaca karya Kafka seperti The Trial atau The Metamorphosis, museum ini akan membantumu memvisualisasikan adegan-adegan penting dalam karya-karya itu dengan kota Praha yang indah sebagai setting-nya.

4. Leila’s Hair Museum — Museum Rambut Leila di Independence, Missouri, AS

missouriSeni memang gak kenal batas: medium apapun bisa digunakan untuk membuat karya seni yang unik. Museum Rambut Leila mengoleksi ribuan wreath (rangkaian bunga yang berbentuk lingkaran) dan perhiasan yang terbuat dari rambut manusia, yang konon populer pada Era Victoria (1837 – 1901). Di sini kamu juga bisa melihat rangkaian rambut yang dibuat dari rambut orang terkenal, misalnya rambut Ratu Victoria.

5. Peter the Great Museum of Anthropology and Ethnography di Saint Petersburg, Rusia

rusiaPeter the Great Museum of Anthropology and Ethnography merupakan bagian dari Kunstkamera, yang merupakan museum tertua di Rusia. Museum ini mempunyai sekitar dua juta koleksi yang dipamerkan, yang sebagian besar ajaib dan mengerikan. Terdapat koleksi-koleksi tengkorak yang cacat, janin awetan di dalam toples dan koleksi yang unik dan langka seperti hewan berkepala dua.

Sumber: http://www.hipwee.com/travel/museum-museum-paling-unik-yang-sayang-kalo-kamu-lewatkan/