Logo Wonderful Indonesia di Pesawat Garuda

564

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu bersama Dirut PT Garuda Indonesia Emiryah Satar meresmikan pemasangan logo Wonderul Indonesia di 22 badan pesawat Garuda Indonesia yang menerbangi rute internasional di Bandara Soekarno-Hatta Jakarta, Selasa, 1 Juli 2014.

Maskapai penerbangan nasional Indonesia yang meraih World’s Best Regional Airline dari Skytrax ini, terbang ke-40 tujuan domestik dan ke-36 tujuan internasional ke seluruh penjuru dunia di antaranya dengan melakukan code share bersama KLM, Etihad, Turkish, Philippine Airlines, Vietnam Airlines, Royal Brunei Airlines, dan China Airlines.

“Garuda menanggapi request kami, sudah 8 dari 22 pesawat yang akan terbang ke luar negeri dipasangi logo Wonderful Indonesia,” kata Mari.

Logo Wonderful Indonesia yang baru dipasang pada 11 pesawat Airbus jenis A330-200, 5 pesawat Airbus jenis A330-300, 5 pesawat Boeing jenis B777-300ER, dan 1 pesawat pada posisi A-Check.

Sejak 2008, Kemenparekraf bekerja sama dengan maskapai Garuda, telah memasang logo Visit Indonesia di badan pesawat Garuda.

“Kami melakukan riset dalam branding Indonesia. Logo itu sudah melekat, tapi tulisan Wonderful Indonesia belum,” katanya.

Logo rebranding yang dipasang di badan pesawat Garuda itu diharapkan mampu mempromosikan Indonesia ke 17 negara yang akan diterbangi. Pihaknya menyambut baik inisiatif pihak lain, termasuk Angkasa Pura I dan II serta UPT di bawah koordinasi Kementerian Perhubungan yang siap untuk melakukan kerja sama serupa.

Ini merupakan bagian implementasi dari nota kesepahaman tentang Promosi Pariwisata Indonesia Kemenparekraf dengan PT Garuda Indonesia yang ditandatangani pada 21 Februari 2012.

Garuda juga telah membuka rute-rute baru dengan program “Explore Indonesia” dengan pesawat bombardier dan ATR mereka ke sejumlah destinasi wisata seperti Labuan Bajo, Sumba, Bima, Tambolaka, Ende, Pinongsori Sibolga, Banyuwangi, dan sebagainya.

Baca juga:  Garuda Raih Penghargaan Awak Kabin Terbaik

Mari menjelaskan prospek pariwisata Indonesia ke depan semakin cerah. Indonesia dinilai sebagai negara yang berhasil memanfaatkan momentum membaiknya pariwisata dunia yang sudah mencapai US$ 7 triliun dengan pertumbuhan tahun 2014 ini diperkirakan 4,2 persen.

Dalam kelompok G20 Indonesia termasuk salah satu negara dengan pertumbuhan pariwisata tertinggi.

Diperkirakan tahun 2014 Indonesia berpeluang mencapai pertumbuhan double digit untuk kunjungan wisman dan potensi pertumbuhan wisnus yang mengembirakan karena peningkatan daya beli.

Diperkirakan kontribusi sektor pariwisata secara langsung dan tidak langsung terhadap perekonomian nasional mencapai 8,1 persen.

EVIETA FADJAR

SUMBER: http://www.tempo.co/read/news/2014/07/02/204589656/Logo-Wonderful-Indonesia-di-Pesawat-Garuda

Previous articleGaruda Raih Penghargaan Awak Kabin Terbaik
Next articleAksi Aerobatik di Farnborough International Airshow