Lima Maskapai Ini Kondang Untuk Rute Perintis

1541

Penerbangan perintis sampai saat ini masih banyak terdapat di Indonesia, ini karena letak geografis Indonesia yang memiliki daerah yang berbukit-bukit, lautan yang memesona, pegunungan yang menakjubkan hingga potret budaya yang tak luntur oleh waktu. Penerbangan perintis sendiri sebuah kegiatan angkutan dalam negeri yang melayani dan menghubungkan daerah terpencil, tertinggal hingga yang belum terjangkau oleh moda transportasi lain serta secara komersial belum menguntungkan. Biasanya penerbangan perintis ini memiliki landasan pacu yang belum beraspal ataupun landasan darurat seadanya.

Siapa sih yang tak berkeinginan menjelajah ke seluruh penjuru Indonesia? Sayangnya, tidak semua destinasi wisata tersembunyi bisa dikunjungi. Hal ini tidak lain karena infrastruktur yang belum merata hingga penjuru negeri. Namun, bukan tak mungkin untuk sampai di tempat tujuan yang Anda inginkan. Coba saja menaiki maskapai perintis di bawah ini. Dijamin, liburan impian Anda untuk menjelajah daerah tersembunyi akan tercapai!

1. Susi Air

Maskapai milik menteri Susi Pudjiastuti ini, melayani ruter perintis Jakarta, Medan, Balikpapan, Kendari, Bandung dan Sentani (Papua). Awalnya Susi Air ini berfokus pada bisnis ekspedisi hasil laut. Namun setelah namanya terkenal karena mendarat di Aceh pasca tsunami tahun 2004 lalu Susi Air akhirnya juga membuka penerbangan perintis. Selain itu, maskapai ini juga melayani jasa carter dengan armada pesawat premium Piaggio Avanti.

2. Nam Air

Masakapai baru anak perusahaan Sriwijaya Air ini, dulunya adalah sekolah penerbangan. Seiring berjalannya waktu, sekolah penerbangan ini menjadi sebuah nama maskapai baru yang melayani rute-rute sekunder atau perintis sejak Februari 2014 lalu. rute perintis yang dilayanai Nam Air menuju kawasan timur yakni Maumere, Kupang dan Waingapau dengan pesawat jenis Boeing 737-500.

Baca juga:  Berpergian Menggunakan Pesawat Saat Hamil? Simak Tipsnya Dari Citilink

3. Wings Air

Maskapai yang memiliki jumlah rute cukup banyak untuk mengantarkan penumpang ke wilayah-wilayah terpencil. Adalah Wings Air yang seratu persen sahamnya dimiliki oleh maskapai penerbangan Lion Air. Wings Air sendiri tak hanya mengantarkan penumpang ke Banyuwangi seperti Nam Air. Namun banyak wilayah lain mulai dari Labuan Bajo hingga Natuna yang dapat dijangkau dengan penerbangan menggunakan pesawat tersebut. Baru-baru ini, Wings Air kembali mengenalkan rute baru kepada penumpang yaitu wilayah Manado dan Papua.

4. Garuda Indonesia

Merupakan salah satu maskapai Indonesia yang memiliki citra cukup bagus. Biaya sekali terbang di maskapai ini cukup mahal dibandingkan yang lain, namun kualitas dari pelayanannya pun jempolan. Selain menawarkan rute menuju bandara besar, Anda pun bisa melakukan traveling ke bandara terpencil dengan maskapai satu ini. Salah satu jenis pesawat yang disediakan oleh Garuda Indonesia adalah Explore Garuda Jet. Menyusul Wings Air dan Nam Air, rute terbaru dari Explore Garuda Jet ini adalah direct flight atau penerbangan langsung ke Banyuwangi.

5. Trigana Air

Trigana Air juga dikenal melayani rute-rute penerbangan perintis dari dan ke wilayah-wilayah Indonesia Timur, terutama daerah Papua. Saat ini Trigana Air menggunakan pesawat jenis propeller ATR-42/72 dan pesawat jet Boeing 737-200. Beberapa rute andalannya adalah Jayapura – Wamena, Jayapura – Nabire, dan Jakarta – Pangkalan Bun. Di awal berdirinya pada tahun 1991, maskapai dari banyaknya maskapai domestik yang melayani penerbangan jarak pendek atau ke pelosok negeri. Selain menerima penerbangan charter, biasanya maskapai ini digunakan untuk mengantarkan obat-obatan serta keperluan lainnya

Previous articleTerjadi Pemukulan Terhadap Pramugari, Citilink Sempat Delay
Next articleKetentuan Ini Harus Diketahui Jemaah Haji Ketika Pulang Ke Tanah Air