Libur Natal dan Tahun Baru, Penumpang Angkutan Udara Membludak

93

Musim libur perayaan Natal dan Tahun Baru telah tiba. Hal ini dibarengi dengan membludaknya angka penumpang pengguna angkutan udara yang mencapai 7,5 persen atau sekitar 2,1 juta penumpang dibanding tahun sebelumnya sebesar 1,88 juta penumpang.

Dalam siaran persnya, Rabu (27/12/2017), President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengungkapkan tahun ini lonjakan penumpang musim libur Natal dan Tahun Baru terjadi pada H-3 Natal atau tepatnya pada 22 Desember 2017. Sebanyak 371.047 penumpang tersebar di 13 cabang dengan tambahan penerbangan yang telah diajukan maskapai.

“Tahun ini, ada sekitar 1.158 tambahan penerbangan yang terdiri dari 1.134 penerbangan domestik dan 24 penerbangan internasional. Dengan pengajuan terbesar departure (keberangkatan) dan arrival (tiba) dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta,” jelasnya.

Adapun peningkatan penumpang juga terjadi di Bandara Internasional Halim Perdanakusuma (6 kali penerbangan PP), Bandara Depati Amir Pangkal Pinang (3 kali penerbangan PP), Bandara Internasional Minangkabau (1 kali PP rute internasional, Bandara Internasional Raja Haji Fisabillillah Tanjung Pinang (1 kali PP, dan Bandara Internasional Supadio Pontianak (4 kali PP).

Angka kenaikan penumpang ini juga menyebabkan peningkatan pergerakan pesawat sekitar 8 persen yakni, 13.783 dibanding tahun lalu 12.750 pergerakan pesawat. Untuk penambahan penerbangan juga naik sekitar 25 persen dibanding tahun sebelumnya menjadi 289 penerbangan. Sedangkan angka ketepatan waktu penerbangan (on time performance) masa libur Natal dan Tahun Baru ini hingga H-2 lalu mencapai 97,24 persen.

Baca juga:  Megah dan Modern, Bandara Domine Eduard Osok Sorong Selesai Dipoles
Previous articlePesawat Amfibi Milik Cina Sukses Lepas Landas
Next articleAirporters! Ini, 5 Top Destinasi Angkutan Natal dan Tahun Baru 2017