Landas Pacu Halim Terkelupas, Penerbangan Dialihkan

189

PT Angkasa Pura II sempat menutup bandara yang terletak di Jakarta Timur, akibat penutupan tersebut, sebagian penerbangan ke Bandara Halim Perdanakusuma dialihkan karena landasan Bandar Udara Halim Perdanakusuma terkelupas.

Lapisan runway atau landasan pacu terkelupas setelah sebuah pesawat wide body (berbadan lebar) jenis Boeing 777 lepas landas pada Jumat pagi. Pesawat tersebut mengangkut jemaah haji kloter (kelompok terbang) pertama dari lima kloter yang dijadwalkan akan diberangkatkan dari bandara itu pada hari ini.

“Akibat kejadian, beberapa pesawat yang tadinya akan landing ke Halim dialihkan, 1 ke Pondok Cabe dan 3 ke Cengkareng,” kata Agus seperti yang dilansir oleh liputan6.com. Dia mengatakan, pesawat tersebut seharusnya mendarat sekitar pukul 10.00 WIB di Bandara Halim Perdanakusuma.

Menurutnya, run way connection G terkelupas sebesar 3 x 2 meter setelah ada pesawat besar take off. “Tidak ada masalah di take off pertama. Bopeng karena pesawat besar itu lewat,” Agus menjelaskan.

Ukuran landasan yang mengelupas sekitar tiga kali dua meter, dengan kedalaman 25 sentimeter. Pihak yang menyelidiki masih memperbaiki bagian landasan yang terkelupas akibat beban pada pesawat Boeing 777 yang lepas landas itu.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan JA Barata mengatakan, landasan terkelupas di Bandara Halim Perdanakusuma tersebut sudah ditambal dan penerbangan kembali normal.

Previous articleGaruda Indonesia Online Travel Fair Digelar Awal Agustus
Next articleSelesai Diperbaiki, Bandara Halim Akan Kembali Berangkatkan Jemaah Haji