Khawatir Mobil Dititip di Bandara? Baca Tips Ini!

222

Saat merencanakan liburan ke luar kota menggunakan pesawat terbang, banyak travelers yang memilih untuk diantarkan oleh sanak famili atau menggunakan taksi menuju ke bandara. Namun kadang kala karena satu dan lain hal, travelers terpaksa harus membawa kendaraan sendiri menuju bandara.

Nah, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana nasib kendaraan yang ditinggalkan parkir selama 24 jam atau mungkin lebih ini di bandara? Apakah lahan parkirnya cukup aman? Bagaimana dengan tarifnya? Mungkin pertanyaan-pertanyaan seperti itu akan muncul di benak travelers.

Semua kekhawatiran tersebut wajar karena mungkin ini adalah saat pertama kali travelers harus menitipkan kendaraan di Bandara. Kabar gembiranya adalah, saat ini Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng sudah memiliki fasilitas parkir untuk mobil yang akan menginap lebih dari 24 jam.

Lapangan inap parkir bandara ini bertarif Rp 20 ribu per enam jam pertama dan setelahnya Rp 2 ribu per jam. Disini, travelers tidak perlu khawatir lagi karena sudah terjamin keamanannya. Meski pihak bandara sudah meyakinkan keamanan lahan parkirnya, tak ada salahnya juga travelers tetap berjaga-jaga, bukan? Simak tips aman menginapkan mobil berikut ini.

1. Jangan tinggalkan barang berharga

Dimanapun travelers memarkirkan kendaraan, jangan pernah meninggalkan benda berharga di dalam mobil. Beberapa lahan parkir bandara berada di luar bangunan, sehingga memungkinkan orang lain bebas keluar masuk area parkir. Tas atau bungkusan yang diletakkan begitu saja dalam mobil bisa dengan mudah diterawang oleh orang.

2. Lepaskan kabel aki

Tips ini mungkin sudah sering travelers dengar. Selain menyulitkan orang lain menyalakan mobil, kabel aki yang dilepas juga berfungsi untuk mencegah korsleting listrik pada mobil travelers. Selain itu, tenaga aki lama kelamaan akan melemah karena mesin mobil tidak dinyalakan selama beberapa hari.

3. Pastikan kendaraan terkunci dengan aman

Setiap kali hendak meninggalkan kendaraan travelers selalu periksa ulang, apakah alarm mobil berfungsi atau kaca mobil sudah tertutup rapat. Jika perlu tambahkan kunci pengaman atau kunci stir agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

4. Jangan lupa tiket parkir

Kedengarannya sepele, tapi sebenarnya menyimpan tiket parkir dengan benar itu sangat lah penting. Bentuknya yang hanya selembar kertas kecil memungkinkannya tercecer di mobil atau jatuh. Selalu simpan tiket parkir di dompet atau tempat yang aman. Jangan lupa juga meminta nomor telpon petugas parkir untuk sekedar menanyakan keadaan kendaraan anda selama ditinggalkan disana.

5. Parkir kendaraan di dekat pos jaga

Lahan parkir yang luas memudahkan travelers memarkir dimana saja. Tapi demi alasan keamanan sebaiknya parkir lah mobil anda di dekat pos jaga. Pihak keamanan yang berjaga 24 jam bisa dengan mudah mengawasi kendaraan anda selama ditinggal.

6. Pakai penutup kendaraan

Apa saja mungkin bisa terjadi, termasuk terhadap kendaraan travelers. Ketika ditinggal, bisa saja kena panas, hujan atau tergores akibat kejatuhan ranting pohon yang tertiup angin. Nah, jika kendaraan anda “diselimuti”, hal-hal seperti ini bisa dicegah. Selain itu, kendaraan yang ditutupi selimut kendaraan mencegah orang-orang jahil yang berniat mengintip kedalam mobil anda.

Semoga tips diatas bisa membuat travelers lebih nyaman meninggalkan kendaraan di bandara. Selamat berlibur!