Kepala Keamanan Bandara AS Dipecat Akibat Teledor

19

Menteri Keamanan Dalam Negeri Jeh Johnson mengatakan telah memecat pejabat keamanan bandara Melvin Carraway, karena tidak mampu memberikan hasil bagus dalam uji coba pemindai bandara.

Direktur Sementara Badan Keamanan Bandara Amerika Serikat (TSA), Melvin Carraway telah diberhentikan dari jabatannya setelah beberapa agen yang menyamar dengan membawa bahan peledak palsu dan senjata api tidak terdeteksi di pos-pos pemeriksaan keamanan. Enam puluh tujuh dari 70 uji coba yang dilakukan agen-agen tersebut tidak terdeteksi oleh petugas keamanan.

Menteri Keamanan Dalam Negeri Jeh Johnson mengatakan ia telah memindahkan Carraway ke posisi lain di dalam Departemen Keamanan Dalam Negeri. Johnson mengumumkan Wakil Direktur TSA Mark Hatfield menggantikan Carraway sebagai direktur sementara yang baru.

“Johnson menolak merinci hasil uji pemeriksaan keamanan baru-baru ini tetapi mengatakan ia menilai hal itu sebagai ‘sesuatu yang sangat serius’,” sebut ABC News, seperti dikutip dari VOA Indonesia, Rabu (3/6/2015).

ABC News mengatakan pemeriksaan atas kegiatan TSA itu menemukan banyak kekurangan dalam bidang keamanan di sejumlah bandara tersibuk di Amerika Serikat.

Dalam satu peristiwa, seorang agen yang menyamar ditahan sebentar karena mematikan alarm di sebuah pos pemeriksaan. Tetapi petugas keamanan gagal menemukan bahan peledak palsu yang dilekatkan pada punggungnya.

Johnson memerintahkan pelatihan baru bagi agen-agen pemeriksaan keamanan dan pengujian ulang alat-alat pemindai yang digunakan di bandara-bandara Amerika. Ia menambahkan uji pemeriksaan keamanan secara acak akan tetap dilanjutkan.

 

 

 

Sumber