Kelebihan Pinjaman Bank dan Pinjaman Online 

12535

Jika sedang membutuhkan dana, mengajukan pinjaman di bank atau pinjaman online menjadi pilihan. Dana yang dipinjam bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, misalnya untuk modal usaha, biaya pendidikan, biaya kesehatan, renovasi rumah dan sebagainya. Namun, sebelum mengajukan pinjaman Anda harus menentukan akan mengajukan pinjaman di bank atau pinjaman online. Dimana keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

3 Kelebihan Pinjaman Bank

Gambar 1 (Maskulin.com.my)
Man taking batch of hundred dollar bills. Hands close up
  1. Risiko Kecil

Kelebihan pinjaman bank yang pertama yaitu risikonya kecil. Dikatakan memiliki risiko kecil karena semua bank yang ada di Indonesia, baik bank swasta maupun bank BUMN langsung diawasi oleh pemerintah. Hal ini berarti nasabah yang meminjam uang di bank risikonya sangat kecil untuk terkena penipuan. 

  1. Bunga Tidak Terlalu Tinggi 

Ketika meminjam dana ke bank  ada banyak informasi yang haru diketahui, salah satunya informasi mengenai suku bunganya. Selama ini suku bunga bank dikenal relatif rendah. Jika dibandingkan dengan suku bunga pinjaman online, suku bunga bank jauh lebih rendah. Hal ini dikarenakan ban mengikuti suku bunga yang sudah ditentukan oleh Bank Indonesia.

  1. Jangka Waktu Kredit Sangat Fleksibel 

Banyak orang lebih memilih pinjam dana di bank dengan alasan karena jangka waktu kreditnya sangat fleksibel. Dimana peminjam bisa menyesuaikan jangka waktu kredit dengan kebutuhan maupun kemampuan. Perlu diketahui jika bank menyediakan banyak pilihan kredit, seperti kredit jangka pendek, jangka menengah, jangka panjang dan sebagainya. 

Kekurangan Pinjaman Bank 

  1. Syarat yang Diminta Cukup Banyak

Kekurangan meminjam dana di bank yaitu syaratnya sangat banyak. Dimana semua syarat yang diminta harus dipersiapkan. Beberapa syarat yang harus dipersiapkan ialah identitas diri (KTP), kartu keluarga (KK), akta nikah, buku tabungan, NPWP, surat keterangan penghasilan dan masih banyak lagi.

  1. Riwayat Kredit Diperiksa 

Saat mengajukan pinjaman ke bank maka pihak bank akan mencari tahu riwayat kredit. Jika Anda memiliki riwayat kredit macet berarti akan kesulitan dalam mengajukan pinjaman di bank. Pihak bank akan selalu mengecek riwayat kredit nasabah sebelum menyetujui pinjaman yang diajukan. 

Kelebihan Pinjaman Online 

  1. Persyaratannya Mudah dan Anti Ribet

Persyaratan yang mudah menjadi salah satu kelebihan mengajukan pinjaman di pinjaman online. Semua persyaratan yang diminta sangat mudah untuk dipenuhi. Biasanya beberapa dokumen persyaratan yang diminta yaitu KTP, rekening tabungan, NPWP, slip gaji dan sebagainya.

  1. Proses Peminjaman dan Pencairan Sangat Mudah 

Dibandingkan dengan pinjaman di bank, proses pinjaman online sangat mudah. Dimana proses peminjaman bisa dilakukan kapan dan dimana saja. Hal ini dikarenakan proses pengajuan pinjaman dilakukan secara online. Menariknya lagi, dana yang diajukan bisa langsung cair hanya dalam hitungan hari. Dana yang dipinjam langsung ditransfer ke rekening peminjam. 

  1. Pencairan Dana dalam Hitungan Hari

Jika pengajuan pinjaman disetujui maka pihak pinjaman online akan segera mencairkan dana. Dana yang dipinjam akan segera dicairkan dalam jangka waktu 1-3 hari jam kerja. Pencaran dana yang cepat tentu akan sangat membantu orang-orang yang membutuhkan dana dengan cepat untuk keperluan mendesak. 

Kekurangan  Pinjaman Online 

  1. Menggunakan Sistem Bunga Harian

Salah satu kekurangan pinjaman online yaitu menggunakan sistem bunga harian. Ini berarti sistem pembayaran bunga terhitung harian sehingga jumlah yang dibayar menjadi lebih besar. Jika tenor yang dipilih singkat maka jumlah bunga yang dibayarkan tidak terlalu besar. Namun, jika tenor cukup lama maka biaya bunga sangat besar dan pastinya sangat memberatkan.

  1. Suku Bunga Tinggi 

Pinjaman online mematok suku bunga yang cukup tinggi. Hal ini dikarenakan perusahan pinjaman online tidak mau mengambil risiko, terlebih proses pengajuan dan pencairan dana sangat mudah

  1. Data Pribadi Bisa Disalahgunakan 

Setelah mengajukan pinjaman dan dana dicairkan maka data pribadi Anda sudah ada di perusahaan. Data pribadi tersebut bisa dimanfaatkan oleh perusahaan pinjaman online jika Anda tidak membayar pinjaman dana. Bahkan bisa disalahgunakan.

Untuk menanggulangi kekurangan dari pinjaman online, Anda harus berhati-hati dalam memilih aplikasi pinjaman yang akan Anda pilih. Salah satu pilihan terbaik yang bisa Anda ambil adalah Tunaiku. Aplikasi ini bisa memberikan pinjaman dana mulai Rp 2 juta hingga 20 juta.

Ada banyak keuntungan yang akan Anda rasakan jika mengajukan pinjaman di Tunaiku. Beberapa keuntungan tersebut ialah syaratnya mudah, pencairan dana mudah, tenor pengembalian dana hingga 20 bulan dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu, Tunaiku menjadi salah satu pinjaman online yang legal karena sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Sudah terdaftar di OJK berarti semua kegiatannya berada dibawah pengawasannya sehingga konsumen akan terlindungi. Maka dari itu, Tunaiku merupakan pinjaman online yang aman dan terpercaya.

Previous articleAn enchanting spot to watch the sunset, don’t you think? You’re looking at the …
Next articleAir Belgium dikabarkan akan  menyewa dua pesawat Airbus A330Neo melalui Air Leas…