Jokowi Resmi Menjabat Presiden RI 2014 – 2019

35

Upacara pelantikan Joko Widodo sebagai Presiden Indonesia ke-7 dilakukan di Gedung DPR/MPRJakarta pada tanggal 20 Oktober2014. Upacara ini menandai secara resmi dimulainya jabatan Joko Widodo sebagai Presiden dan Jusuf Kalla sebagai Wakil PresidenIndonesia, yang telah memenangkan pemilihan umum presiden pada 9 Juli 2014.

Sesuai Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 9 ayat (1) dan ayat (2) dan Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2009 Tentang Majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Presiden dan Wakil Presiden hasil pemilihan umum dilantik oleh MPR dalam sidang paripurna MPR. Acara ini dipimpin oleh Ketua MPR RI Zulkifli Hasan. Ketua MPR membacakan keputusan KPU mengenai Presiden dan Wakil Presiden terpilih. Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla dilantik dengan bersumpah menurut agama Islam. Presiden, Wakil Presiden dan pimpinan MPR lalu menandatangani Berita Acara Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden. Setelah ini, Joko Widodo menyampaikan pidato awal masa jabatan di hadapan anggota MPR.

Berkas:Pelantikan Jokowi rahmat3-770x465.jpg

Acara ini dihadiri oleh pimpinan dan anggota MPR (terdiri dari anggota DPR dan DPD) serta Presiden dan Wakil Presiden masa jabatan 2009-2014, Susilo Bambang Yudhoyono dan Boediono. Selain itu hadir juga Mantan Presiden B.J. Habibie dan Megawati Soekarnoputri, dan mantan Wakil Presiden Try SoetrisnoPrabowo Subianto dan Hatta Rajasa, lawan dari Joko Widodo dan Jusuf Kalla pada pemilu 2014 juga hadir. Tamu negara yang menghadiri acara pelantikan ini diantaranya Sultan Hassanal Bolkiah dari Brunei DarussalamPresiden Timor Leste Taur Matan RuakPerdana Menteri Singapura Lee Hsien LoongPerdana Menteri Malaysia Najib RazakPerdana Menteri AustraliaTony Abbott, dan Menlu Amerika Serikat John Kerry.

Baca juga:  Jadi Bandara Komersial, Akses Menuju Halim Jadi Jalur Neraka

Joko Widodo (dikenal sebagai Jokowi) terpilih sebagai Presiden Indonesia dalam pemilu presiden 2014. Pelantikan Jokowi sebagai presiden dijadwalkan untuk dilaksanakan pada 20 Oktober 2014, tepat 5 tahun setelah awal masa jabatan kedua Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Jokowi, yang sebelumnya menjabat sebagai Walikota Surakarta dan Gubernur DKI Jakarta, banyak mendapat sorotan media nasional maupun internasional, karena dianggap sebagai presiden pertama Indonesia yang tidak berasal dari kalangan elit politik atau militer dan gaya kepemimpinan dan kepopulerannya yang yang unik. Lima hari sebelum acara pelantikan, majalahTIME memuat Jokowi di halaman depannya, dengan tajuk “A New Hope” (“Harapan Baru”). Selain itu, ia juga populer di kalanganmedia sosial Indonesia.

 

Previous articleLima Penginapan Unik Di Indonesia
Next article5 Hotel Murah Terbaik Di Bali