Jet Lag Usai Liburan? Begini Rahasia Atasinya

67

Jet lag memang dapat membuat tubuh anda merasa lemas dan sulit beradaptasi dengan tempat sekitar anda. Namun anda dapat mengatasinya dengan mudah dan tepat.

Berikut adalah cara mengatasi jet lag selama dalam liburan :

Keluar di hari pertama

Perjalanan yang panjang tentu membuat tubuh Anda ingin beristirahat di kasur yang empuk. Namun hal ini tidak bagus ketika Anda ingin menghilangkan jet lag. Justru sebaiknya pada hari pertama Anda bisa keluar untuk mencari sinar matahari. Anda bisa berjalan mengunjungi museum dan memungkinkan tubuh Anda menyerap sinar matahari yang sangat berguna.

Rencanakan tidur cepat jika tiba malam hari

Waktu tiba di tempat tujuan menentukan bagaimana Anda harus mengatasi jet lag. Berbeda dengan jika tiba di siang hari yang mengharuskan Anda menyerap sinar matahari, jika tiba di malam hari Anda justru harus lebih cepat tidur. Anda bisa melakukan hal yang membuat terjaga selama di pesawat. Sehingga begitu sampai di hotel, Anda bisa tidur lebih mudah.

Bangun secara alami

Biarkan diri Anda terbangun secara alami pada pagi pertama di tempat tujuan. Buka sedikit tirai jendela pada malam sebelumnya sehingga Anda bisa terbangun karena sinar matahari yang menerpa tubuh Anda. Bangun dengan alami akan lebih baik dan menyegarkan pikiran dibanding dengan bangun karena adanya wake up call atau alarm di ponsel.

Lakukan olahraga ringan di hari pertama

Salah satu cara menyiasati jet lag adalah dengan melakukan olahraga ringan di hari pertama. Hal tersebut sangat berguna untuk kebugaran tubuh dan membuat tubuh menjadi lebih ringan serta bersemangat. Hindari olahraga berat dua jam sebelum tidur untuk memudahkan waktu transisi tubuh.

Baca juga:  Mesin Japan Airlines Kemasukan Burung, Penerbangan Tertunda

Makanan untuk menyegarkan pikiran

Makanan juga berperan penting untuk memulihkan tubuh serta pikiran. Terlebih ketika mengkonsumsi makanan lokal di hari pertama. Hal ini akan mempercepat tubuh Anda beradaptasi. Anda bisa memakan roti selama dalam pesawat, sehingga ketika sampai di tempat tujuan, Anda ingin segera makan dan menemukan makanan lokal yang membuat tubuh Anda bertenaga.

Sumber

Previous articleDi Bandara Makasar, Waspada Perampok Berkedok Sopir Angkutan
Next articleMengulas Kembali Peristiwa 6-4-1994