Jelajahi Kota-kota Besar di Dunia dengan Google Street View

179

Travelers, ingin mengunjungi kota-kota terkenal dan indah di seluruh dunia? Atau gak usah jauh-jauh, keliling kota-kota di Indonesia saja. Pasti banyak dari kamu yang belum kesampaian melakukan itu semua. Gak perlu galau, travelers. Sebelum kamu punya waktu dan dana untuk benar-benar melakukannya, ada cara mudah lho, untuk “menjelajah” tiap sudut kota-kota besar di dunia, termasuk Indonesia.

Adalah Google Street View. Ya, teknologi dari raksasa IT Amerika Serikat ini sebenarnya sudah cukup lama hadir, namun baru resmi muncul untuk Indonesia akhir Agustus 2014 lalu. Dengan fitur Street View ini, kamu bisa melihat gambar-gambar dari tiap wilayah yang tercakup dalam Google Maps dan Google Earth, dalam bentuk panoramik 360 derajat. Google Street View punya kualitas foto yang cukup detil, yang diambil menggunakan kamera khusus, dan sangat membantu dalam mensurvei sebuah wilayah spesifik dalam kota.

Nah, kamu bisa memanfaatkan Street View ini untuk “jalan-jalan” lho, travelers. Walaupun wilayah Indonesia yang tercakup baru Jakarta, Bogor, Surabaya, Denpasar, dan Wisata Terumbu Karang Taman Nasional Komodo, kamu bisa menjelajah banyak kota di seluruh dunia.

Jadi, gimana cara menggunakan Street View ini? Mudah banget, kok.

  • Pastikan kamu punya koneksi internet yang memadai. Bisa dari komputer/laptop, atau smartphone kamu
  • Jika dari komputer/laptop, buka situs Google Maps. Sementara pengguna smartphone bisa mengunduh aplikasi Google Maps dari toko aplikasi Play Store (Android) atau Apps Store (iOS)
  • Tampilan di situs web dan aplikasi akan berbeda, namun pada dasarnya punya tahap yang sama, yaitu ketik dan pilih nama kota yang diinginkan, lalu cari pilihan street view atau ikon berbentuk orang berwarna kuning di bagian bawah
Baca juga:  Pengering Tangan Higienis dan Pencahayaan Yang Ramah Lingkungan

Berikut tampilan screen capture Google Maps dari situsnya:

Misalkan ingin melihat daerah Kuta, Denpasar, Bali. Ketik Kuta, lalu pilih dan klik ikon kuning seperti ditunjukkan panah merah

 

Setelah foto muncul, kamu bisa dengan mudah merotasi gambar, atau mendekatkan/menjauhkan, menggunakan menu yang tersedia (lihat anak panah merah)

Mudah kan? Kamu bisa menikmati pemandangan 360 derajat tiap sudut kota-kota di 57 negara di dunia (hingga saat ini) hanya dari layar komputer atau smartphone. Bahkan, Google khusus menciptakan Street View bawah laut untuk terumbu karang di Taman Nasional Komodo Indonesia. Gak perlu nyelam, travelers!

street3

Semoga saja dalam waktu dekat, jumlah kota yang “disinggahi” Google di Indonesia makin banyak, termasuk tempat-tempat wisata dan objek menarik lainnya.

Sumber: http://www.pegipegi.com/travel/jelajahi-kota-kota-besar-di-dunia-dengan-google-street-view/

Previous articlePemandangan Serba Hijau di Perkebunan Teh Rancabali
Next articleAplikasi Pesan Taksi “GrabTaxi” Masuk Indonesia