JAL dan Qatar Airways jalin kerjasama codeshare

31

Japan Airlines dan Qatar Airways, keduanya merupakan anggota aliansi penerbangan global OneWorld, menjalin kerjasama codeshare untuk pertama kalinya dan akan memulai penerbangan codeshare ini pada 3 Desember 2013.

Japan Airlines akan menempatkan kode JL pada rute penerbangan Tokyo Narita-Doha dan Osaka Kansai-Doha yang dioperasikan oleh Qatar Airways. Sementara itu, Qatar Airways juga akan menempatkan kode penerbanganya QR rute-rute yang dioperasikan oleh Japan Airlines, seperti Tokyo Narita-Sapporo, Tokyo Narita-Fukuoka, Sapporo-Osaka Kansai, dan beberapa penerbangan domestik lainnya di Jepang.

Qatar Airways yang baru beroperasi pada 1997 telah menjelma menjadi salah satu maskapai penerbangan dengan pertumbuhan paling cepat di dunia dan merupakan maskapai penerbangan dengan kualitas layanan yang tinggi. Saat ini Qatar Airways beroperasi menggunakan 130 pesawat, dengan usia yang sangat muda, rata-rata empat tahun. Qatar Airways melayani lebih dari 130 destinasi bisnis dan wisata yang tersebar di 70 negara di Timur Tengah, Asia, Afrika, Eropa, Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Australia.

Timur Tengah adalah salah satu kawasan dengan pertumbuhan paling pesat untuk permintaan perjalanan udara. Codeshare antara Japan Airlines dan Qatar Airways untuk penerbangan dari Jepang ke Doha akan memberikan rasa nyaman kepada penumpang yang transit menuju Eropa Selatan, Timur Tengah, dan Afrika. Selain itu, kerjasama ini akan meningkatkan jaringan rute penerbangan dari kedua perusahaan.