Ini Tips Untuk Anda yang Grogi Naik Pesawat

52

Naik pesawat merupakan tantangan tersendiri bagi sebagian traveler. Tak perlu takut lagi, berikut ada 7 tips melawan rasa grogi naik pesawat.

Ketinggian, turbulensi dan cerita kecelakaan membuat sebagian traveler selalu merasa tersiksa saat naik pesawat. Bernafaslah dengan lega, karena ada 7 tips melawan ketakutan naik pesawat dari Dr Margaret Wehrenberg, seorang psikolog dan penulis buku, ditengok dari Huffington Post, Jumat (27/9/2013):

11. Siapkan mental

Mempersiapkan yang terburuk bisa jadi obat terbaik melewati rasa takut yang berlebih. Pastikan Anda sudah mengetahui apa saja yang membuat Anda merasa takut. Rasakan semua ketakutan itu, dan atur di pikiran, Anda bisa mengatasi ketakutan ini saat mengalaminya.

Mempersiapkan mental bukan sekadar siap, namun juga yakin. Anda harus yakin bahwa ketakutan Anda kebanyakan datang hanya dari pikiran sendiri.

22. Siapkan pengalih perhatian

Buatlah diri Anda tetap sibuk. Buatlah rencana pengusir panik Anda selama di pesawat. Jika Anda suka mengisi teka-teki silang, bawalah buku teka-teki silang yang sulit. Agar pikiran Anda benar-benar bisa fokus ke teka-teki tersebut

Jika suka membaca buku, bawalah buku favorit atau buku yang sudah dipastikan memiliki alur yang seru. Membuat Anda sibuk dan fokus ke hal lain akan mengurangi kecemasan di pikiran.

33. Bernafas

Saat panik, kebanyakan orang lupa bernafas teratur. Inilah yang membuat rasa takut makin menjadi. Saat oksigen makin menipis di kepala, rasa panik akan semakin meningkat. Maka dari itu, belajarlah bernafas dengan panjang dan tenang.

Ambil nafas dari hidung dan keluarkan perlahan dari mulut. Lakukan dengan fokus sampai akhirnya Anda melupakan ketakutan itu.

44. Gunakan aplikasi

Di smartphone, sudah banyak aplikasi yang bisa memudahkan para penumpang yang ketakutan akan terbang. Salah satunya adalah Breathe2Relax. Aplikasi ini bisa membantu Anda lebih fokus dalam bernafas. Ada ratusan aplikasi sejenis yang bisa didownload di Android atau iPhone Anda.

55. Ketahui bahwa serangan panik akan cepat berakhir

Biasanya, serangan panik tidak akan berlangsung lama, hanya beberapa menit saja. Jadi, saat panik, ingatkan diri bahwa ini tidak akan berlangsung lama. Sehingga, Anda bisa memegang kontrol dan kembali tenang.

66. Ketahui apa yang Anda takuti

Kebanyakan orang takut terhadap apa yang mereka tidak tahu. Maka dari itu, ketahui apa ketakutan Anda. Apakah takut turbulensi, bunyi-bunyi aneh, atau ketinggian.

Cari fakta-fakta mengenai hal itu. Dengan mengetahui fakta tersebut, Anda akan lebih tenang saat menghadapi ketakutan tersebut.

77. Ketahui kapan harus meminta bantuan profesional

Sepersuasif dan sesiap apapun, saat panik menyerang terlalu kuat, ada kalanya Anda tidak bisa mengatasinya. Ketahui kapan Anda sudah tidak bisa lagi mengontrol kepanikan dan segera meminta bantuan kepada profesional. Datang ke psikolog untuk bantuan penyembuhan secara bertahap.