Cerdas Menghindari Penipuan Tiket Pesawat Murah

1306

Tingginya animo masyarakat terhadap tiket pesawat murah dan promo membuka peluang bagi sebagian oknum yang memanfaatkan kesempatan ini untuk menipu para calon penumpang yang sedang mencari tiket. Harga tiket murah yang ditawarkan kepada calon penumpang tentu sangat menggiurkan sehingga bisa membuat orang ingin segera membeli dan tidak sadar bahwa itu adalah modus penipuan yang kerap terjadi. Penipuan yang dilangsungkan bisa melalui SMS (short message service), telepon, website gratis dan social media seperti facebook, twitter dan lainnya.

Belum lama ini, Ezytravel mendapat laporan penipuan yang mengatasnamakan Ezytravel.co.id. Setelah kami usut kronologinya ternyata penipu tersebut memanfaatkan facebook sebagai media untuk menjalankan modus penipuannya. Orang tersebut yang mengatasnamakan Ezytravel.co.id memakai profil picture dengan logo Ezytravel dan memasang facebook cover dengan gambar dari screen shot website Ezytravel. Modus yang dijalankan untuk melakukan penipuan tersebut dengan meng-add akun-akun facebook. Dan memasang harga-harga murah yang jauh dari standar harga tiket pesawat sesungguhnya, sehingga banyak yang tergiur dan tertipu. Oleh karenanya, Ezytravel memberikan tips agar Anda bisa terhindar dari penipuan dengan berkedok tiket pesawat  promo. Berikut tipsnya:

  • Jangan mudah percaya dengan promo-promo tiket pesawat yang diberikan melalui SMS, broadcast BBM media sosial lainnya. Kebanyakan penipuan yang terjadi karena para calon penumpang yang sedang mencari tiket terlena dengan iming-iming tiket pesawat yang sangat murah. Jadi tanpa berpikir panjang, mereka segera membeli tiket pesawat tanpa dicek terlebih dahulu kebenarannya. Jika Anda mendapat SMS yang berisi promo tersebut, kenali dulu nomor pengirimnya. Apabila Anda tidak mengenalnya, lebih baik hiraukan saja. Biasanya untuk agen perjalanan terpercaya, mereka akan bekerja sama dengan provider ponsel untuk menginformasikakan promo tiket pesawat. Jadi nomor pengirimnya atas nama perusahaan bukan nomor ponsel pribadi.
  • Jika Anda sudah terbiasa membeli tiket pesawat di sebuah agen tiket pesawat online, pastikan Anda mengenal media yang digunakan untuk mempromosikan harga tiket pesawat murah. Kenali nama website resminya, email, nomor hotline yang sesungguhnya dipakai, alamat kantor dan akun resmi media social yang digunakan. Hal tersebut bertujuan agar Anda tidak terkecoh apabila menemukan akun-akun yang menyerupai agen tiket pesawat online tersebut.
  • Perhatikanlah kebenaran informasi yang diberikan di dalam websitenya, baik itu harga yang diberikan maupun postingan-postingan yang tertera di dalam website tersebut. Sebuah website dari agen perjalanan terpercaya pasti akan selalu meng- update guna memenuhi kebutuhan para pelanggan dalam mendapatkan informasi seputar tiket pesawat maupun hal-hal pendukung lainnya. Tak ada salahnya untuk memperhatikan komentar-komentar yang diberikan oleh para pelanggan di dalam website tersebut. Apakah komentar yang diberikan merupakan komentar positif atau negatif.
  • Hal selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah, sebelum transaksi dilakukan pastikan nama rekening yang dituju atas nama perusahaan bukan atas nama perorangan. Karena yang sering kali terjadi, para penipu memakai rekening atas nama pribadi untuk menampung transferan yang diterima dari para korban.
  • Apabila Anda menerima informasi berupa harga tiket pesawat murah, jangan tergesa-gesa membeli tanpa dipertimbangkan kembali. Ada baiknya Anda juga membaca syarat dan ketentuan yang berlaku untuk tiket promo tersebut. Sebelum membeli, kiranya Anda memperhatikan harga yang tertera apakah masih terdapat biaya-biaya tambahan lainnya atau tidak.
Baca juga:  Jangan Pacaran Sama Cowok Backpacker

Apa Anda siap untuk mempraktekkan beberapa tips di atas agar terhindar dari penipuan tiket pesawat murah? Cermatlah sebelum membeli dan kenalilah agen perjalanan yang akan Anda pilih.

Selamat mencoba!

Posted by: Ezytravel

Previous articleAplikasi iOS Resmi Railink
Next articleIni Tips Untuk Anda yang Grogi Naik Pesawat