Ini Tempat Paling Berbakteri di Pesawat Yang Tidak Bisa Kamu Hindari

42
Seorang pramugara sedang menyemprot desinfektan di kabin pesawat (CNN.com)

Meskipun pesawat itu sangat steril dan diawasi secara ketat, bukan berarti pesawat bebas dari bakteri loh airporters. Faktanya ada beberapa tempat paling berbakteri di dalam pesawat yang tidak bisa kamu hindari.

Para peneliti telah melakukan riset di bandara-bandara dan di dalam pesawat di Amerika Serikat. Dari hasil sampel yang mereka bawa dan di analisis ternyata menghasilkan banyak bakteri yang diberi nama colony-forming units (CFU).

Dari hasil penelitian tersebut disimpulkan ada 3 tempat paling berbakteri di dalam pesawat. Yang pertama adalah tombol flush di dalam toilet pesawat yang kadar bakterinya sebesar 95.145 CFU.

Tempat kedua ada pada bagian meja lipat yang mempunyai kada bakteri mencapai 11.595 CFU. Yang terakhir adalah sesuatu yang paling sering airporters pegang saat di dalam pesawat yaitu sabuk pengaman dengan kandungan bakteri mencapai 1.116 CFU.

Melihat lokasi paling berbakteri ada di tempat yang paling sering kontak langsung dengan airporters, ada baiknya kamu membawa pembersih tangan atau hand sanitizer untuk membunuh bakteri yang menempel di tangan.