Ini Cara Membersihkan Sepatu Setelah Traveling

192

Sepatu merupakan salah satu kebutuhan saat traveling. Sepatu melindungi kaki dan membuat Anda nyaman untuk melangkah. Tapi setelah traveling, baiknya Anda langsung membersihkan sepatu agar tetap terawat dan tak cepat rusak. Berikut tipsnya.

Bagi sebagian traveler, sepatu mungkin sudah menjadi kebutuhan utama saat jalan-jalan. Meski demikian, baiknya Anda juga langsung membersihkan sepatu setelah traveling. Jika dibiarkan terlalu lama, kotoran yang menempel pada sepatu dapat membuat bahannya rusak dan tak enak dilihat.

Jika Anda memakai sepatu dengan model tali, maka bukalah tali sepatu tersebut. Pisahkan talinya dari sepatu dan cucilah sampai bersih. Lalu setelah itu, keluarkan footbed atau alas kaki dari bagian dalam sepatu. Lantas, keluarkan benda-benda yang ada menyangkut di dalamnya seperti pasir pantai atau batu krikil.

Kemudian, bilaslah dan bersihkan kotoran yang masih melekat. Ingat, gunakan sikat dengan tekstur kasar untuk membersihkan bagian bawah atau outsole sepatu. Hal ini agar kotoran cepat dapat terangkar.

Setelah itu, gunakan sikat dengan tekstur halus untuk mebersihkan bagian dalam sepatu Anda. Sikat dengan tekstur halus tersebut dapat menjaga bahan sepatu Anda agar tidak cepat rusak. Selain itu, gunakan juga sikat gigi untuk membersihkan sela pada bagian sepatu yang sulit dijangkau.

Jangan lupa untuk gunakan bahan atau cairan yang lembut untuk membersihkan bagian textile (goretex) sepatu. Untuk cairan, Anda bisa menggunakan beberapa produk perawatan seperti Nixwax.

bersihkan dengan air yang mengalir
Lalu, bilas dengan air sampai tidak ada busa yang tertinggal di sepatu. Setelah itu, keringkan sepatu dalam kondiri tergantung atau vertikal. Agar air dan busa yang masih menempel dapat keluar. Sebaiknya, jangan menjemur sepatu di bawah sinar matahari. Sepatu Ada cukup diletakan di tempat yang terbuka dan berangin.

Baca juga:  Mau Traveling Lokal Rasa Internasional? Intip 6 Destinasi Ini!

bilas sampai bersih pastikan tidak meninggalkan busa

Sumber: http://travel.detik.com/read/2013/05/10/175000/2232484/1025/ini-cara-membersihkan-sepatu-setelah-traveling

Previous articleTetap Mesra dengan Pasangan Traveling, Ini 4 Rahasianya!
Next articleTips Travelling Ala Nicholas Saputra