Ini Bahayanya Kalau Airporters Tidur Saat Take Off dan Landing

72

Airporters yang suka tidur saat penerbangan ada baiknya menghindarkan kebiasaan itu. Karena tidur di pesawat terbang saat take off atau landing dapat mempengaruhi kesehatan airporters.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Harvard Medical School menemukan bahwa risiko tidur di pesawat bisa menyebabkan gangguan pendengaran.

Ketika pesawat naik ke udara atau pun turun, tekanan udara di kabin berubah secara cepat mengikuti ketinggian dan jika kamu tidak siap beradaptasi, hal tersebut bisa merusak gendang telinga.

Berdasarkan informasi yang dilansir dari laman New York Post, seorang pakar kesehatan Inggris, Angela Chalmers menjelaskan, sebuah perubahan cepat di ketinggian berdampak pada tekanan udara di telinga.

Hal ini bisa menyebabkan kekosongan di tabung Eustachian yang membuat telinga terasa seperti tersumbat dan tidak terdengar suara.

Oleh karena itu, Chalmers menyarankan untuk tidak tidur di pesawat terbang selama lepas landas dan mendarat agar mengurangi risiko tersebut.

Jika telinga kamu tetap tersumbat maka bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti pusing, infeksi di telinga, gendang telinga rusak dan yang lebih parah adalah telinga berdarah dan kehilangan pendengaran.

Maka dari itu, alangkah baiknya kamu tetap terjaga selama lepas landas dan mendarat.

Hal ini tentunya sangat membantu untuk membuat telinga kamu mengimbangkan tekanan udara di dalam gendang telinga.

Menurut MediaPlus, menelan atau menguap membuka tabung Eustachian dan membuat udara mengalir masuk dan keluar ke bagian tengah telinga.

Ini membantu mengimbangi tekanan udara di masing-masing gendang telinga jika tabung Eustachian tersumbat, tekanan udara di bagian tengah telinga berbeda dengan tekanan di bagian luar gendang telinga.

Intinya, untuk menghindari risiko tadi, pastikan kamu tidak tidur saat awak pesawat terbang mengumumkan bahwa pesawat akan segera lepas landas ataupun akan segera mendarat.

Baca juga:  Maskapai Sudah Banyak Yang Ingin Mendarat di BIBU

Namun, bagi kamu yang masih mengantuk dalam situasi kritis tersebut, kamu bisa mengatasinya dengan mengunyah permen karet ataupun minum air putih.

Previous articleKatulampa Siaga 1, Ini Titik Waspada Banjir di Jakarta dan Bogor
Next articleCatat! Lokasi Terminal Keberangkatan Lion Air di Bandara Soekarno Hatta